0 Point
Karang Gigi Tebal

Jangan Biarkan Karang Gigi Tebal Mengganggu Kesehatan Anda!

Apakah Anda sudah rutin mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk membersihkan karang gigi tebal? Jika belum, maka segeralah rutin melakukan kebiasaan ini.

Karang gigi tebal disebabkan oleh plak yang mengeras karena proses mineralisasi. Plak merupakan lapisan lembut dan lengket, yang terbentuk di bagian luar gigi dan di sepanjang garis gusi. Plak yang jarang dibersihkan akan terus menumpuk dan menjadi karang gigi.

Jika tak juga melakukan perawatan scaling di dokter gigi, karang gigi tebal bisa menyebabkan:

Radang gusi

Karang gigi tebal bisa menyebabkan iritasi dan peradangan yang merugikan gusi, atau biasa disebut dengan gingivitis. Saat seseorang mengalami gingivitis atau radang gusi, beberapa gejala bisa terjadi, seperti:

  • Gusi menjadi bengkak
  • Gusi akan berubah warna menjadi merah tua
  • Gusi berdarah

Timbul rasa nyeri di gusi

Periodontitis

Saat karang gigi tebal terus dibiarkan meski sudah terjadi radang gusi, ini kemudian bisa menyebabkan periodontitis yang sulit disembuhkan. Periodontitis bisa menyebabkan gejala-gejala yang lebih parah dari gingivitis, seperti:

  • Gigi lepas
  • Rasa sakit saat mengunyah makanan
  • Muncul kantong nanah di antara gusi dan gigi

Gigi berlubang

Karang gigi tebal akan menyulitkan Anda untuk menyikat atau membersihkan gigi dengan benang gigi. Saat gigi tidak dibersihkan dengan baik, ini bisa memicu terjadinya kondisi gigi berlubang.

Karang gigi tebal juga memicu gigi untuk lepas, karena karang gigi yang menumpuk akan membuat tulang penyangga gigi terkikis, sehingga gigi mudah lepas.

Bau mulut

Karang gigi tebal juga bisa sebabkan bau mulut. Ini karena karang gigi memberi lebih banyak area di permukaan mulut untuk plak bersarang, yang kemudian mengundang bakteri untuk tinggal dan berkembang biak di sana.

Bakteri yang tumbuh secara berlebihan bisa menghasilkan bau mulut yang tidak sedap.

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Tahukah Anda kalau karang gigi tebal juga berakibat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga paru? Ini berkaitan dengan bakteri yang tumbuh dan berkembang di karang gigi dan gusi, yang mengalami peradangan akibat karang gigi.

Bakteri-bakteri ini dapat masuk ke aliran darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan paru.

(Foto: familyhealthadvocacy.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok