0 Point
Kulit berminyak

Ini yang Harus Dilakukan Si Pemilik Kulit Berminyak

Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar keringat memproduksi terlalu banyak sebum. Beberapa pengobatan rumahan, penyesuaian gaya hidup dan perawatan klinis dapat membantu mengurangi munculnya kulit berminyak.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit berminyak, yakni:

Membersihkan secara teratur

Mencuci wajah dengan pembersih nonsabun yang lembut, pH seimbang, setiap pagi dan sore hari dan setelah berolahraga, merupakan hal yang penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Penting untuk memilih pencuci muka yang lembut dan berbusa. Ini karena produk dengan bahan kimia yang kuat dan keras akan memicu lebih banyak produksi minyak atau sebum.

Menggunakan produk yang mengandung asam salisilat

Eksfoliasi kulit sangat diperlukan, namun disarankan menggunakan exfoliator berbasis kimia seperti asam salisilat. Ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, minyak berlebih, dan kotoran lainnya dari permukaan kulit.

Manfaatkan kertas minyak atau oil control film

Menggunakan kertas minyak atau oil control film dapat membantu mengangkat minyak berlebih dari permukaan kulit secara instan. Tekan kertas minyak pada kulit selama beberapa detik, dan ganti ke kertas baru jika sudah terisi banyak minyak dan kotoran.

Jangan lupa melembapkan kulit

Beberapa orang berpikir, bahwa kulit yang berminyak tidak perlu dilembapkan lagi, karena akan meningkatkan jumlah minyak dan menyumbat pori-pori. Hal ini merupakan anggapan yang salah, kulit harus tetap dilembapkan, sehingga tidak menjadi terlalu kering dan memancing produksi minyak lebih banyak.

Pilihlah pelembap nonkomedogenik dan gunakan lagi tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, untuk menjaga kulit tetap sehat dan mencegah minyak berlebih.

Kurangi stres

Penelitian menunjukkan, stres dapat memicu pelepasan hormon yang memicu produksi sebum berlebih. Coba kelola stres dengan beberapa cara ini:

  • Yoga
  • Meditasi
  • Hindari nikotin atau alkohol
  • Cukup tidur
  • Olahraga secara teratur
  • Terhidrasi

(Foto: teenvogue.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok