Ini Tata Cara Menjaga Jarak Fisik di Era New Normal

June 06, 2020 | Aqiyu

jaga jarak

Update terkini mengenai virus corona per tanggal 5 Juni 2020 tercatat sebanyak 28.233 orang yang terkonfirmasi, 18.129 orang yang dirawat, 1.698 orang yang meninggal dan 8.406 orang yang dinyatakan sembuh. Meski angka kesembuhan lebih tinggi dibandingkan dengan kasus meninggal dunia, orang yang terinfeksi pun tetap bertambah.

Menurut beberapa pengamat, angka kasus infeksi virus corona dikhawatirkan akan melonjak bila masyarakat tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di beberapa aspek saat new normal. Meski new normal akan dijalankan, masyarakat juga diminta untuk tidak lengah dalam mencegah hingga memutuskan rantai penyebarannya.

Salah satu cara yang wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona adalah tetap menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman minimal 1,5 meter dengan orang lain. Selain itu, menghindari berkumpul dengan orang banyak serta tempat-tempat yang ramai. Tata cara menjaga jarak fisik di era new normal bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Tetap aktif dan produktif itu penting, tapi disaat seperti ini, idealnya Anda beraktivitas dirumah saja. Jika Anda diperbolehkan berolahraga di luar ruangan, jaga jarak dengan yang lainnya dan tidak menggunakan peralatan yang sama secara bergantian dengan orang lain.
  • Anda mungkin rindu keluar untuk bersosialisasi dengan teman-teman, tapi tetap dirumah saja untuk saat inni adalah pilihan yang paling tepat dan aman. Usahakan untuk tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang penting atau darurat.
  • Batalkan acara berkumpul dengan teman-teman ataupun tetangga sekitar. Karena berkumpul dalam jumlah berapapun tetap berisiko.
  • Anda bisa tetap menjalin komunikasi dan bertukar infomasi dengan orang lain secara virtual melalui panggilan video.
  • Batasi kontak dekat dengan orang lain dalam waktu yang lama apalagi diruangan tertutup.
  • Hindari berpelukan atau bersalaman selama era new normal ini.

Selama vaksin penyembuh virus corona belum ditemukan, masyarakat wajib selalu waspada dengan protokol kesehatan yang disiplin. Bersosialiasasi dengan masyarakat di era normal tentu akan berbeda. Jadilah pahlawan dalam memutus rantai penyebaran dengan menjaga jarak fisik. Hal tersebut dapat melindungi diri Anda dan orang lain.

(Foto:science)

YesDok Ads