0 Point

Ini Hal-hal yang Harus Dihindari Jika Anda Mengalami Sinusitis

Beberapa orang terlihat mengalami pilek sepanjang tahun. Namun tunggu dulu, benarkah yang ia derita merupakan pilek seperti kebanyakan?

Orang-orang yang terus menerus menyeka hidungnya bahkan sepanjang tahun, tanpa peduli apakah dalam cuaca yang dingin maupun panas, bisa jadi ia mengalami sinusitis. Sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada area sinus.

Sinusitis merupakan kondisi yang sangat berbeda dari pilek atau bahkan flu. Jika sinusitis tidak segera ditangani, ini akan berdampak pada penyakit lain dan bahkan bisa menyebabkan seseorang mengalami meningitis.

Untuk mencegah sinusitis agar tidak semakin parah, maka perhatikan beberapa hal ini:

Hindari alkohol

Meskipun Anda membutuhkan banyak cairan untuk tubuh, namun alkohol bukanlah minuman yang baik untuk Anda konsumsi. Hal ini karena alkohol justru akan membuat Anda dehidrasi dan menyebabkan sinus dan lapisan hiung Anda membengkak sehingga sinusitis yang Anda derita akan lebih parah.

Tetap terhidrasi

Saat sinusitis menyerang, minumlah banyak air. Teh hangat juga bisa meringankan hidung Anda yang tersumbat, selain itu kehangatannya sendiri bisa memberikan rasa nyaman pada Anda ketika meminumnya.

Humidifier

Uap dingin yang berasal dari humidifier dapat menghindari Anda dari pengap, namun pastikan Anda menjaga kebersihan airnya. Kosongkan tangkinya setiap hari dan cucilah sebelum Anda mengisinya kembali. Bersihkan dengan pemutih atau cuka yang telah diencerkan selama seminggu sekali untuk menjauhkan humidifier dari bakteri dan jamur.

Kompres hangat

Panas lembap yang dihasilan oleh kompresan akan meredakan tekanan sinus dan membuka saluran hidung yang tersumbat. Kompres ini juga akan mengurangi rasa sakit yang Anda derita akibat sinus. Tak hanya kompres, mandi air hangat juga dapat membantu Anda mengeluarkan lendir.

(Foto: consumerreports.org)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok