Ini Alasan Kenapa Ketiak Bisa Menghitam

October 16, 2022 | Aqiyu

Ini Alasan Kenapa Ketiak Bisa Menghitam

Kulit ketiak bisa menghitam dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Ketiak hitam ini bisa merupakan salah satu kondisi yang banyak dialami oleh siapapun, baik pria maupun wanita. Cara mengatasi kulit menghitam ini harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Jadi, Anda harus mengetahui apa saja penyebab kulit ketiak menghitam.

Adapun penyebab ketiak menghitam adalah iritasi kulit ketiak, misalnya sering mencukur atau mencabut bulu ketiak. Selain itu, kulit ketiak bisa menghitam akibat infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Dimana bakteri tersebut biasanya tumbuh ketika seseorang banyak berkeringat. Biasanya orang yang berkeringat ini tinggal di lingkungan lembab dan kurang menjaga kebersihan tubuh. 

Kulit ketiak menghitam ini juga bisa terjadi pada ibu yang hamil. Karena saat hamil terjadi perubahan hormon, sehingga merangsang peningkatan produksi melanin. Sedangkan produksi melanin ini tidak dapat hilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Pengurangan melanin yang cepat dan permanen hanya dapat terjadi dengan perawatan laser. Serta adanya penebalan dan kehitaman pada kulit atau disebut acanthosis nigricans. Kondisi ini terjadi pada lipatan kulit. Dimana kondisi ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti diabetes, obesitas dan gangguan hormon.

Selain itu, kebiasaan menggunakan deodorant yang mengakibatkan iritasi sehingga kulit menghitam. Kulit ketiak menghitam juga bisa efek dari mengkonsumsi obat-obatan. Obat-obatan tersebut  meliputi kortikosteroid, insulin, asam nikotinat dan lainnya. Ada pula kulit ketiak menghitam akibat kanker. Salah satu ciri kanker adalah kulit menghitam. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan kondisi diri ke dokter. Namun jangan khawatir karena kulit menghitam ini dapat diatasi sebagai berikut:

  • Menjaga kulit ketiak dari iritasi misalnya dengan menggunakan krim atau gel cukur sebelum mencukur bulu ketiak.
  • Rutin mengoleskan masker alami pada ketiak seperti mentimun, lemon, kunyit, minyak kepala atau kulit jeruk.
  • Menggunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat dan rutin menjaga kebersihan tubuh.
YesDok Ads