Ini Alasan Kenapa Anda Butuh Vaksin Booster

January 29, 2022 | Aqiyu

vaksin booster

Kasus corona di Indonesia belum juga surut. Apalagi semakin kesini, semakin banyak varian yang bermunculan. Salah satunya adalah varian Omicron yang membuat resah masyarakat. Untuk menekan angka kasus positif Covid-19, vaksinasi terus dikerahkan termasuk vaksin booster.

Bila sebelumnya Anda sudah menerima kedua dosis vaksin secara lengkap, maka Anda dianjurkan untuk mendapatkan vaksin booster. Sebab, efektivitas kedua dosis vaksin yang Anda terima sebelumnya semakin lama akan menurun. Itu kenapa, vaksin booster penting dan harus dilakukan. Ini alasan kenapa Anda butuh vaksin booster:

  1. Untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi virus corona.
  2.  Meningkatkan antibodi pasca menerima vaksin booster.
  3.  Memberi perlindungan dari varian Omicron yang lebih mudah menular dari varian lainnya.
  4. Untuk mengatasi kecenderungan penurunan antibodi setelah vaksinasi dosis lengkap. Mendukung usaha adaptasi masyarakat di masa pandemi.

Dilansir Satgas Covid-19, vaksin booster atau disebut juga dengan vaksin ketiga Covid-19 dianggap penting untuk meningkatkan antibodi secara penuh agar terhindar dari virus corona. Sementara menurut WHO vaksin booster dibutuhkan jika tubuh tidak merespon secara memadai pada dua dosis pertama yang diterima. Selain itu, waktu kekebalan dari vaksinasi lengkap mulai berkurang dan jika kinerja vaksin kurang memadai terhadap beberapa varian baru yang muncul.

Vaksin booster ini diperuntukkan untuk masyarakat berusia 18 tahun tahun ke atas dengan prioritas kelompok lansia dan masyarakat rentan. Pasalnya, efektivitas vaksin turun hingga 32% pada kelompok usia 50 tahun ke atas. Selain itu, penderita imunokompromais (penderita lemah imun). Pemberian vaksin booster ini sifatnya gratis bagi setiap kalangan.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan vaksin booster setelah terpapar Covid-19? Bagi yang pernah terinfeksi Covid-19, vaksin booster bisa didapatkan apabila dinyatakan benar-benar sembuh, setelah melakukan isolasi mandiri (isoman) dan gejala berangsur membaik. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mengatakan bahwa penderita Covid-19 dianjurkan untuk isoman selama lima hari penuh dan gejala demam hilang selama 24 jam jika ingin mendapatkan vaksin booster. 

(Foto: Forbes)

YesDok Ads