0 Point
Seorang wanita sedang alami stres

Hormon Kortisol Dikenal Dapat Memicu Penyakit Jantung, Inilah Cara Alami Mengatasinya!

Ketika seseorang sedang dalam keadaan stres yang tinggi, biasanya kelenjar adrenal melepaskan hormon steroid kortisol.

Kelenjar adrenal merupakan kelenjar kecil berbentuk segitiga yang terletak diatas kedua ginjal. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengatur sistem imun tubuh, proses metabolisme, respons terhadap stres serta fungsi lainnya.

Kortisol adalah hormon stres utama tubuh yang berperan untuk berbagai fungsi tubuh termasuk mengendalikan kadar gula darah. Tingkat kortisol dalam darah umumnya lebih tinggi di pagi hari dan mengalami penurunan sepanjang hari.

Tingkat kortisol tinggi yang berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan dapat menyebabkan inflamasi serta sejumlah gangguan kesehatan fisik tertentu seperti penambahan berat badan hingga penyakit jantung.

Selain itu, terlalu banyak kortisol juga bisa menyebabkan beberapa gejala berikut ini 

  • Diabetes tipe 2
  • Tekanan darah tinggi
  • Kelelahan 
  • Infeksi

Bagaimana cara menurunkan kadar kortisol?

Jumlah kortisol yang tinggi bisa memengaruhi kesehatan umum Anda secara keseluruhan. Hal-hal dibawah ini dapat mudah Anda diterapkan untuk menurunkan kadar kortisol

Jaga diet agar seimbang 

Sangat penting untuk memperhatikan makanan apa yang masuk kedalam mulut Anda. 

Asupan gula tambahan yang Anda konsumsi tiap hari bisa meningkatkan kadar kortisol sedangkan diet yang penuh dengan sayuran serta buah-buahan dapat membantu mengontrol kadar kortisol.

Identifikasi pemicu stres

Dengan mengenali penyebab stres, Anda mampu mengambil langkah untuk mengelolanya perlahan-lahan secara proaktif dan melatih diri Anda untuk menyadari pikiran masa sekarang serta mempraktikkan teknik pernapasan. 

Olahraga rutin

Aktivitas fisik dalam jumlah yang sedang dapat membantu menaikkan suasana hati dan tentunya meningkatan kesehatan secara keseluruhan. 

Namun, perlu diketahui bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara intens mampu memicu peningkatan kortisol akibat dari cara tubuh untuk mengatasi stres tambahan. Oleh karena itu, targetkan sekitar 150-200 menit untuk latihan intensitas rendah di setiap harinya.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok