0 Point
Pendarahan gastrointestinal

Gejala Pendarahan Gastrointestinal yang Perlu Diwaspadai

Pendarahan gastrointestinal (GI) bagian bawah terjadi ketika area saluran pencernaan bagian bawah berdarah. Darah sering muncul dalam tinja atau muntah tetapi tidak selalu terlihat meskipun bisa menyebabkan tinja terlihat hitam dan lembek.

Tingkat pendarahan bisa berkisar dari ringan hingga gejala berat dan bisa mengancam jiwa. 

Dalam beberapa kasus, kondisi ini bisa berhenti dengan sendirinya. Namun pendarahan yang persisten dapat memicu kondisi medis yang serius.

Gejala

Tanda dan gejala pendarahan GI ada yang bisa terlihat jelas dan tertutup. Gejalanya tergantung pada area pendarahan termasuk organ yang digunakan oleh tubuh untuk mencerna dan mengeluarkan makanan.

Pendarahan bisa muncul dalam bentuk

  • Muntah darah 
  • Feses hitam dan lembek 
  • Pendarahan rektal 
  • Sesak napas
  • Pingsan dan pusing

Salah satu penyebab pendarahan GI dipicu oleh divertikulitis, yaitu peradangan atau infeksi yang terjadi pada divertikula atau kantong-kantong kecil yang menonjol di sepanjang saluran pencernaan.

Pendarahan GI dapat menjadi akut atau kronis. Kondisi ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan parah, sedangkan pendarahan kronis berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Seseorang juga bisa mengalami perdarahan saluran cerna atas, yang terjadi di antara kerongkongan dan segmen pertama usus kecil, yang dikenal sebagai duodenum. 

Mereka juga bisa mengalami gejala yang berhubungan dengan kehilangan darah yang parah, sehingga dapat memicu gejala syok. Gejala syok termasuk

  • Tangan dan kaki dingin 
  • Nadi cepat
  • Tekanan darah berkurang
  • Jarang buang air kecil

Orang dengan pendarahan GI kronis bisa tidak menunjukkan gejala sama sekali. Dalam kasus ini, darah hanya dapat dideteksi dalam tinja atau muntahan menggunakan tes laboratorium.

Kapan perlu berkonsultasi ke dokter?

Apabila seseorang memiliki pendarahan secara tiba-tiba dan semakin parah, sangat penting untuk segera mencari perhatian medis.

Pemulihan pendarahan GI tergantung pada penyebabnya dan seberapa dini dokter mendiagnosis dan mengobatinya. 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok