Diet
+1

Diet Produktif bagi Anda Usia 40 Tahun

December 28, 2020 | Iman

wanita makan sayur

Kenaikan berat badan setelah memasuki usia 40 adalah fenomena alami di setiap orang. Kondisi ini dikarenakan perubahan kadar hormon, tingkat aktivitas dan gaya hidup.

Meskipun mungkin tampak sangat sulit untuk mempertahankan berat badan yang sehat seiring berjalannya usia, bukan tidak mungkin jika Anda kerja keras dan konsisten. Berikut adalah beberapa tips penurunan berat badan yang efektif untuk membantu Anda mengelola berat badan memasuki usia 40.

Turunkan Asupan Karbohidrat

Turunkan tetapi bukan hilangkan dari diet Anda

Ketika Anda mencapai usia tertentu, memangkas karbohidrat adalah pilihan bijak. Hal ini dikarenakan karena Anda tidak seaktif masa muda yang butuh bahan bakar ekstra. Tetapi perlu dicatat, cukup hanya dikurangi, bukan dihilangkan sama-sekali. Bagaimanapun karbohidrat penting sebagai sumber tenaga utama. Menghilangkan karbohidrat dapat mengganggu nutrisi penting dan bahkan dapat mengakibatkan penurunan berat badan yang tidak sehat, yang pasti bukan sesuatu yang Anda inginkan. 

Makan Banyak Sayur

Sayuran sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Mereka dikemas dengan nutrisi dan mengandung lebih sedikit atau tidak ada jumlah kalori. Selain itu mampu mengatur kadar gula darah dan memberi perasaan kenyang ketika Anda gemar mengurangi makanan berkalori tinggi.

Hindari Alkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan kenaikan berat badan, terutama pada orang yang telah mencapai usia 40 tahun ke atas. Sebagaimana kita tahu alkohol jika sangat melekat pada mereka yang berusia menuju paruh baya. Minuman beralkohol mengandung kalori dalam jumlah tinggi yang benar-benar dapat meningkatkan berat badan.

Gaya Hidup Aktif

Seiring bertambahnya usia, kehidupan seseorang cenderung berputar dan menuju tidak sehat. Oleh karena itu, kehilangan waktu untuk beraktifitas fisik bisa menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan pada orang di atas 40. Meskipun Anda tidak seaktif dulu tapi cobalah untuk sekadar melakukan aktifitas fisik ringan seperti berjalan kaki, yoga, hingga bersepeda.

Kelola Stres

Stres menjadi penyebab utama penurunan berat badan, tidak hanya pada orang di atas usia 40, tetapi juga di antara generasi muda. Stres yang dikelola dengan buruk dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol yang merangsang nafsu makan Anda dan mengakibatkan kenaikan berat badan. 

Cukup Tidur

Kurang tidur sering dapat menyebabkan obesitas dan kenaikan berat badan. Banyak penelitian telah menyarankan hubungan antara pembatasan tidur dan perubahan negatif dalam metabolisme, yang sering dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Penting bagi seseorang untuk memanjakan diri dalam jumlah jam tidur yang cukup, terutama jika Anda berusia di atas 40 tahun.

YesDok Ads