0 Point

Deteksi Infeksi di Telinga dengan Memanfaatkan Ponsel Pintar

Berkat kemajuan teknologi, smartphone kini telah berkembang dengan sangat pesat. Tidak hanya sekadar menjadi perangkat yang dapat melakukan panggilan telepon, mengirim email, memutar musik, dan menjelajahi web, namun lebih daripada itu.

Baru-baru ini peneliti mengembangkan sebuah aplikasi yang membawa smartphone ke tingkat lanjut. Dengan sebuah smartphone dan kertas kerucut, kombinasi ini dapat dimanfaatkan untuk mendiagnosis jika terjadi infeksi di bagian telinga.

Tentunya cara ini akan sangat bermanfaat bagi orang tua yang ingin memeriksakan anaknya, apakah terjadi infeksi pada telinga sang buah hati. Cara ini akan jauh lebih mudah dan efisien.

Lantas bagaimana cara kerja aplikasi ini? Aplikasi ini memanfaatkan speaker yang ada di ponsel, ini menyalurkan suara melalui kerucut dan berdasarkan gema dari suara yang diambil oleh aplikasi, itu akan dapat mengetahui apakah ada cairan di balik gendang telinga.

Sejauh ini berdasarkan tes yang telah dilakukan dengan melibatkan kurang lebih 50 anak, ditemukan bahwa aplikasi berhasil mendeteksi dengan presentase 85%. Tentunya presentase keberhasilan ini dapat dibilang cukup tinggi.

Meskipun beberapa kasus telah menunjukkan bahwa cairan di belakang gendang telinga bukan berarti menjadi indikasi adanya infeksi. Beberapa pihak juga telah menyarankan pada pembuat aplikasi untuk menyertakan informasi tambahan kepada pengguna mengenai cara menafsirkan hasil yang diperoleh sebelum pergi mengunjungi dokter spesialis.

(Foto: Ubergizmo.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok