0 Point
Telur

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Anda Panaskan Kembali

Dengan kesibukan pekerjaan sehari-hari, tidak jarang anda kesulitan memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan makanan. Banyak dari kita yang akhirnya lebih memilih memesan makanan cepat saji atau menghangatkan kembali makanan yang kita ambil dari kulkas.

Tapi perlu anda ketahui bahwa tidak semua makanan bisa dihangatkan kembali. Beberapa pakar kesehatan menyatakan meskipun sebagian besar makanan aman saat dipanaskan kembali, ada beberapa makanan sehari-hari yang dapat merusak tubuh setelah dipanaskan kembali.

Makanan dipanaskan kembali cenderung akan kehilangan nilai gizinya, terutama makanan berprotein tinggi. Penelitian lain menunjukkan bahwa menghangatkan kembali makanan tertentu bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Dengan nilai gizi yang turun, banyak kasus yang menunjukkan bahwa makanan yang dipanaskan kembali malah menjadi beracun. Makanan tersebut tidak memberikan nutrisi, mineral dan vitamin, tetapi menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi anda. Berikut adalah beberapa makanan yang tidak bisa anda panaskan kembali. 

1. Kentang

Tidak semua makanan yang berbahan dasar kentang bermasalah saat dipanaskan kembali. Namun, Jika Anda menaruhnya pada suhu ruangan dan tidak mendinginkannya dengan cepat, itu berisiko membiarkan bakteri berkembang biak pada kentang.

2. Telur 

Telur harus dikonsumsi saat masih segar, karena Makanan berprotein tinggi seperti telur mengandung banyak nitrogen, dan mungkin akan terjadi oksidasi karena dipanaskan kembali.

3. Jamur

Jamur menjadi makanan selanjutnya yang tidak boleh anda panaskan kembali, karena kandungan protein dan nutrisi pada jamur dapat berubah menjadi racun sehingga menyebabkan masalah pencernaan.

4. Nasi

Menurut Food Standards Agency (FSA), jika Anda makan nasi yang telah dihangatkan kembali, Anda akan mengalami keracunan makanan karena timbulnya bakteri yang sangat resisten yaitu Bacillus cereus yang dapat berkembang biak jika nasi disimpan terlalu lama.

5. Ayam

Ayam mengandung banyak protein sehingga jangan pernah memanaskan kembali makanan ini karena kandungan protein tersebut akan berubah menjadi racun yang akan memengaruhi sistem pencernaan, sehingga menyebabkan diare dan muntah.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok