0 Point
Ciri-Ciri Bayi Siap Mendapatkan MPASI

Ciri-Ciri Bayi Siap Mendapatkan MPASI

Pada umumnya bayi yang sudah berusia 6 bulan sudah mendapatkan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Kebutuhan bayi bisa dilengkapi dengan makanan padat tidak hanya ASI atau susu. Namun, ada pula bayi yang belum genap enam bulan sudah disarankan oleh dokter untuk MPASI karena beberapa faktor atau kondisi kesehatan tertentu sehingga memerlukan MPASI dini. Berikut ini ciri-ciri bayi siap mendapatkan MPASI.

Ciri-ciri bayi yang siap mendapatkan MPASI sesuai kesiapan fisik adalah ketika bayi menunjukkan tanda-tanda siap untuk makan. Berupa reflex ekstrusi atau menjulurkan lidah yang telah berkurang atau sudah menghilang. Kemudian si kecil sudah menahan kepala tetap tegak. Serta duduk tanpa atau hanya dengan sedikit bantuan dan mampu menjaga keseimbangan badan ketika tangannya meraih benda di dekatnya.

Sedangkan secara kesiapan psikologis, bayi akan memperlihatkan perilaku makan lanjutan. Seperti dari reflektif ke imitative, lebih mandiri dan eksploratif. Pada usia enam bulan bayi mampu menunjukkan keinginan makan dengan cara membuka mulutnya, menunjukkan rasa lapar dengan memajukan tubuhnya ke depan atau ke arah makanan. Dan sebaliknya, saat sudah tidak berminat atau kenyang si kecil akan menarik tubuh ke belakang atau menjauh.

Bahan makanan yang sebaiknya diberikan kepada si kecil saat MPASI

MPASI merupakan masa yang paling menegangkan dan menantang untuk para orang tua. MPASI yang tepat akan bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang bayi. Karena bila tidak dapat memberikan makanan yang tepat si kecil rentan mengalami malnutrisi.

Pada usia enam bulan nutrien yang paling tidak terpenuhi kebutuhannya adalah zat besi (Fe). Maka selama memberikan MPASI pastikan Anda memberikan makanan yang kaya akan zat besi. Untuk itu, makanan padat pertama yang dipercaya terbaik untuk si kecil adalah yang terbuat dari beras. Sebab, beras merupakan bahan makanan paling hipoalergenik sehingga dapat mengurangi reaksi alergi saat MPASI.

Bila Anda berminat memberikan gandum atau campuran serealia sebaiknya ditunda sampai si kecil berusia 8 bulan. Hal ini bertujuan untuk menghindari timbulnya reaksi alergi dan masalah pencernaan. Anda juga bisa membuat MPASI sendiri atau homemade namun tetap memperhatikan jenis dan variasi bahan makanan yang digunakan agar mengandung zat gizi yang dibutuhkan bayi seperti energi, protein dan mikronutrien.

(Foto: cleveland clinic)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok