0 Point
Mencuci tangan

Cegah Penyakit Ini dengan Cuci Tangan

Menjaga imunitas tubuh memang penting untuk menjaga kesehatan dan tetap fit. Namun, untuk mencegah terkena beberapa penyakit Anda dapat melakukannya dengan mencuci tangan. Cuci tangan mungkin terdengar sepele, padahal manfaatnya sangat luar biasa untuk menghindari beberapa penyakit.

Seperti saat ini, dimana hampir seluruh dunia sedang berjuang melawan virus corona yang muncul pada akhir tahun 2019. Salah satu cara agar tidak terinfeksi virus corona adalah menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Mencuci tangan pun tidak boleh asal agar virus, kuman dan bakteri yang menempel hilang. Anda diwajibkan mencuci tangan air mengalir dan sabun selama kurang lebih 20 detik. Agar tangan bersih maksimal usahakan mencuci tangan hingga menjangkau sela-sela jari. Sebenarnya bukan hanya Covid-19 yang dapat dicegah dengan cuci tangan. Berikut deretan penyakit yang dapat dicegah dengan mencuci tangan:

Diare

Banyak anggapan bahwa diare terjadi disebabkan oleh makanan. Padahal penyebab terjadinya diare akibat bakteri salmonella, E. Coli, virus hepatitis A atau telur cacing yang masuk ke dalam tubuh melalui tangan. Untuk itu, Anda harus rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihannya dengan baik.

Hepatitis A

Virus penyebab hepatitis A sangat mudah menyebar melalui udara dan makanan. Selain mencuci tangan, cara mencegah penyakit ini dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga lingkungan tetap bersih, mengonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup.

Pneumonia

Pneumonia termasuk penyakit mematikan jika tidak segera diatasi dengan cepat dan tepat. Pneumonia juga dapat dialami oleh siapapun, baik orang dewasa dan anak-anak. Pneumonia menyerang paru-paru dan saluran pernapasan akibat virus dan bakteri, cara mencegah penyakit serius ini dengan rutin mencuci tangan agar tidak ada virus dan bakteri yang menempel dan terbawa masuk ke dalam tubuh.

Infeksi parasit

Infeksi parasit merupakan pertumbuhan organisme parasit dalam organ tubuh manusia sehingga menyebabkan penyakit. Parasit ini masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan kulit. Dengan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas atau memegang benda, dapat mencegah infeksi parasit yang kasat mata ini.

(Foto: healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok