0 Point
olahraga saat puasa

Cara Tepat Diet Sambil Puasa

Banyak yang memanfaatkan momen puasa untuk menjalankan diet menurunkan berat badan. Hal ini sah-sah saja dilakukan dengan cara yang tepat. Mengingat pola makan selama puasa bisa berubah, Anda harus ekstra memerhatikan asupan makanan jika ingin diet sambil berpuasa. Adapun cara diet yang tepat selama puasa adalah sebagai berikut:

Tidak melewatkan makan sahur

Meski tujuan Anda untuk menurunkan berat badan, namun yang harus diingat adalah Anda pun berpuasa seharian dan tetap membutuhkan energi untuk melakukan kegiatan sepanjang hari. Itu kenapa, Anda tidak boleh melewatkan makan sahur. Agar makan sahur mendukung diet Anda, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein saat makan sahur. Sumber protein bisa didapatkan dari telur dan susu rendah lemak, sementara karbohidrat kompleks  dari nasi merah dan gandum utuh.

Olahraga

Puasa bukan penghalang Anda untuk tetap melakukan olahraga agar berat badan tetap terjaga. Bila Anda khawatir olahraga akan membuat badan Anda lemas, pilihlah olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang seperti jalan sore dan bersepeda. Olahraga bisa dilakukan menjelang waktu berbuka atau sesudah berbuka puasa. Jika Anda memilih olahraga setelah buka puasa pastika memberikan jeda dua jam dari makan. Durasi olahraga yang dilakukan selama puasa cukup 30 menit sebanyak 2-3 kali seminggu.

Makan takjil ringan

Saat berbuka puasa pilihlah takjil atau bukaan yang ringan. Sehingga Anda tetap dapat makan makanan pokok tanpa harus merasa begah dan takut gemuk. Pilihlah takjil ringan yang sehat seperti kurma, salad atau sup. Berikan jeda sebelum makan malam agar lambung tidak kaget menerima makanan banyak sekaligus.

Hindari gorengan

Saat diet, Anda disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung minyak banyak atau gorengan. Begitu juga saat buka puasa, menu gorengan sebaiknya pun dihindari. Pilihlah makanan dengan cara diolah dengan direbus atau kukus agar lebih sehat. Pastikan juga asupan serat tubuh terpenuhi dengan mengonsumsi buah dan sayuran.

Hindari makanan manis

Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis atau makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis justru dapat disimpan sebagai lemak oleh tubuh.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok