0 Point
Sakit demam

Cara Sederhana Atasi Demam

Demam merupakan masalah kesehatan yang sangat umum dan dapat menyerang siapa saja dari segala usia dan jenis kelamin. Sebagian besar jenis demam tidak memerlukan pengobatan yang serius dan akan sembuh dengan sendirinya dengan beberapa metode alami yang efektif.

Perlu diketahui, Demam sendiri bukanlah suatu penyakit melainkan indikasi dari beberapa komplikasi di dalam tubuh. Kondisi tersebut ditandai dengan suhu tubuh yang tinggi yang biasanya datang secara perlahan terlebih dahulu lalu meningkat selama beberapa hari bahkan bisa meningkat dengan cepat. 

Suhu yang tinggi ketika demam membuat kita merasa sangat tidak nyaman ditambah dengan kondisi lainnya seperti menggigil seiring dengan naiknya suhu tubuh. Berikut adalah cara sederhana untuk mencegah dan mengatasi demam.

1. Tetap Terhidrasi

Ketika suhu tubuh naik saat demam, tubuh kita mencoba mendinginkannya dengan mengeluarkan keringat dan terlalu banyak air yang hilang dari tubuh bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, disarankan untuk terus terhidrasi dengan meminum jus atau air putih untuk mengisi kembali cairan yang hilang.

2. Istirahat

Istirahat sangat penting saat Anda demam karena dapat membantu masa pemulihan lebih cepat. Luangkan waktu yang cukup untuk istirahat dan tetap rileks karena dapat memberi tubuh cukup waktu untuk kembali ke fungsi normalnya.

3. Makan dengan Sehat

Pola makan yang sehat secara langsung berkaitan dengan penurunan demam dan tubuh mendapatkan kembali kekebalan dan energi dalam beberapa hari. Sertakan juga makanan yang mengandung vitamin C, protein, dan lemak sehat. 

4. Obati Lepuh Demam

Dalam Beberapa kasus, demam disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyebabkan lepuh beberapa area seperti di wajah, bibir, atau bagian tubuh lainnya. Sebaiknya anda cepat obati lepuh demam tersebut karena faktor-faktor tertentu dapat mengaktifkan kembali virus dan menyebabkan demam sulit hilang.

5. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh memainkan peran penting dalam menyerang patogen penyebab demam. Disarankan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekebalan seperti makanan kaya vitamin C, seng dan vitamin D.

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok