0 Point
Berhenti merokok

Cara Berhenti Merokok dengan Terapi Akupunktur

Kandungan dalam sebatang rokok terdapat 4000 jenis senyawa kimia, 400 zat berbahaya, 43 zat penyebab kanker (karsinogenik). 

Dampak buruk juga dapat terjadi tidak hanya untuk perokok aktif, namun juga untuk perokok aktif yaitu menyebabkan stroke dan serangan jantung, menyebabkan kanker leher rahim, kanker paru, kanker kulit, gangguan pada mata, pendengaran, tulang lebih mudah patah dan lain-lain. 

Rokok dapat menyebabkan kecanduan karena memiliki nikotin yang secara alami dihasilkan dari tembakau. Nikotin bersifat adiktif yang memiliki pengaruh pada kerja otak dan efeknya dapat menimbulkan ketergantungan.

“Banyak sekali manfaat yang dapat dihasilkan apabila berhenti merokok, secara ekonomi misalnya, apabila behenti merokok dalam 3 hari dapat membeli paket data 500Mb,” ujar dokter spesialis akupunktur medik di RSUI, dr. Sri Wahdini, M.Biomed, Sp.Ak.

Efek yang juga dapat dirasakan oleh tubuh pada saat berhenti merokok yaitu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan dalam jangka panjang (lebih dari 15 tahun) dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner bahkan dapat sama dengan orang tidak merokok.

Dr Sri menjelaskan, terapi akupunktur medik juga dapat digunakan untuk terapi berhenti merokok. Akupunktur merupakan modalitas pengobatan dengan menusukan jarum di titik-titik tertentu dengan tujuan mengobati kondisi kesehatan tertentu dan berdasarkan pengetahuan dasar kedokteran serta menerapkan prinsip-prinsip evidence based medicine (EBM) atau hasil penelitian ilmiah. 

Terapi akupunktur dalam rangka mengatasi adiksi rokok dapat dilakukan baik sebagai terapi tunggal maupun kombinasi dengan modalitas lain. Manfaat terapi akupunktur untuk adiksi rokok dan berhenti merokok yaitu membantu pasien lepas dari kecanduan atau keinginan untuk mengkonsumsi rokok, mengurangi gejala putus nikotin, dan menangani keluhan-keluhan akibat merokok. 

“Dengan lepas dari kecanduan rokok tujuannya pasien dapat mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi,” terangnya.

Cara kerja dari terapi akupuntur untuk menghilangkan adiksi rokok dan berhenti merokok dapat dilakukan dengan melakukan perangsangan titik akupunktur agar dapat meningkatkan kadar molekul kimia tubuh (endorphin, encephalin, epinefrin, noreepinefrin, serotonin, dan dopamine) disistem saraf pusat dan plasma. 

“Titik akupunktur tunggal yang dilakukan ada di area telinga, atau dapat juga kombinasi menggunakan titik akupunktur tubuh,” pungkas dr Sri.

(Foto: helpguide.org)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok