0 Point
berlari

Berjalan atau Lari, Mana yang Lebih Bermanfaat?

Jalan kaki dan berlari adalah bentuk olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan, membakar kalori dan menurunkan risiko penyakit jantung

Sedangkan kedua aktivitas tersebut memungkinkan seseorang untuk membakar kalori, menurunkan berat badan, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Kedua olahraga ini juga dikenal sebagai latihan kardio. Olahraga ini menggunakan kelompok otot utama di tubuh, membuat jantung memompa lebih cepat, dan meningkatkan laju pernapasan.

Satu studi meneliti manfaat olahraga untuk kesehatan mental dan menemukan bahwa 30 menit aktivitas intensitas sedang, seperti jalan cepat, sudah cukup untuk mengurangi kecemasan dan depresi, di samping manfaat kesehatan lainnya.

Berjalan dan berlari memberikan manfaat kesehatan yang serupa, tetapi berlari memiliki keunggulan pembakaran kalori dibandingkan berjalan kaki.

Menurut American Council on Exercise, seseorang dengan berat 160 pound membakar sekitar 15,1 kalori per menit saat berlari. Sebaliknya, orang dengan berat yang sama membakar sekitar 8,7 kalori per menit dengan berjalan kaki.

Jumlah kalori yang dibakar seseorang saat berjalan dan berlari bergantung pada beberapa faktor, termasuk: berat badan, durasi latihan dan intensitas aktivitas.

Berlari membakar lebih banyak kalori per menit daripada berjalan kaki. Namun, pejalan kaki masih bisa membakar kalori dalam jumlah yang sama dengan melakukannya lebih lama.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology menyimpulkan bahwa berjalan dan berlari mengurangi risiko hipertensi, kadar kolesterol tinggi, penyakit jantung koroner, dan diabetes.

Laporan lain oleh American Heart Association menyatakan bahwa jalan cepat setidaknya 150 menit per minggu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Bergantung pada tujuan seseorang, berjalan dan berlari adalah bentuk latihan yang baik. Keduanya dapat membantu orang mempertahankan berat badan sedang dan meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan mental, dan banyak lagi.

Apapun bentuk latihan yang dipilih seseorang, mereka akan melihat hasil yang positif apabila dilakukan dengan rutin.

Bagi mereka yang ingin memulai, jalan kaki mungkin menjadi pilihan yang lebih cocok karena melibatkan intensitas rendah atau sedang. Namun, bagi orang yang tujuannya membakar lebih banyak kalori, lari mungkin lebih tepat.

(Foto: After Class)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok