0 Point
olahraga

Berapa Lama Bisa Mulai Olahraga Setelah Makan?

Pastinya Anda sudah sering mendengarkan pesan agar tidak langsung berolahraga setelah makan. Tetapi berapa lama Anda harus menunggu untuk olahraga seperti berlari atau mengangkat beban setelah makan? Inilah yang direkomendasikan ahli.

Anda tidak boleh berolahraga segera setelah makan besar

Menurut Melissa Rifkin, ahli diet terdaftar dan pemilik Melissa Rifkin Nutrition di New York City, makan sebelum berolahraga sangat penting. Tapi seperti apa itu akan tergantung pada jenis latihan dan ukuran makanan Anda.

“Ada beberapa aturan umum yang harus Anda ikuti. Pada dasarnya, semakin banyak makan, semakin banyak waktu yang Anda harus tunggu untuk berolahraga,” kata Amie Rowe, RD, di Duke University Hospital.

"Makan makanan berat segera sebelum berolahraga dapat menyebabkan ketidaknyamanan, seperti kembung dan kram, dan tidak akan menghasilkan kinerja yang optimal karena tuntutan persaingan antara otot dan sistem pencernaan Anda," kata Rowe.

Sebagai gantinya, Rowe merekomendasikan makan camilan rendah serat sekitar 30 hingga 45 menit sebelum melakukan latihan singkat dan kuat seperti latihan interval intensitas tinggi atau angkat berat. 

Karbohidrat yang mudah dicerna ini akan terurai dengan cepat untuk menyediakan bahan bakar: pisang, selai kacang pada roti panggang, yogurt dan granola, atau batangan energi.

Untuk aktivitas dengan daya tahan tinggi seperti berlari atau berenang, Anda perlu menyimpan lebih banyak energi lebih lama sebelum berolahraga. 

Rowe merekomendasikan campuran karbohidrat dan protein dua hingga tiga jam sebelum berolahraga, seperti bagel gandum utuh dengan selai kacang atau yogurt dengan buah.

Pada akhirnya, terserah Anda untuk memperhatikan bagaimana makanan yang berbeda mempengaruhi kinerja latihan Anda, dan Anda harus memperhatikan bagaimana perasaan Anda dengan jangka waktu yang bervariasi antara makan dan berolahraga.

"Setiap orang berbeda dalam hal apa yang bisa ditoleransi tubuh mereka," kata Rifkin. "Yang terbaik adalah mencoba kombinasi makanan atau camilan yang berbeda untuk melihat apa yang membuat Anda merasa terbaik sehingga Anda bisa tetap kuat dan memiliki sesi berkeringat yang hebat."

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok