0 Point
Menceritakan dongeng pada anak

Begini Cara Beri Pemahaman Anak Tentang Social Distancing

Di masa sekarang COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia, dan mempraktikkan menjaga jarak sosial dan fisik serta isolasi mandiri adalah tindakan pencegahan terbaik bagi diri kita. 

Orang-orang dewasa mungkin mudah melakukannya, sementara bagi anak kecil terutama di bawah usia 5 tahun ini sulit. Tentu membingungkan dan menjengkelkan memberi pemahaman untuknya. 

Jika mereka tidak diizinkan keluar, dan bermain dengan teman-teman bisa membuat ia rewel. Dalam situasi seperti itu, orang tua dituntut membuat mereka memahami konsep menjaga jarak sosial dengan cara yang menyenangkan. 

Banyak orang tua mungkin mengalami kesulitan dalam menjelaskan kepada anak-anak mengapa sebenarnya jarak sosial itu penting. Menurut para ahli dan psikolog, Untuk menjelaskan konsep jarak sosial kepada anak yang paling tepat adalah metode  dongeng atau memutarkan video kisah yang relevan. 

Putri salju dan 7 kurcaci adalah salah satu kisah yang relevan. Dikisahkan sang putri berada jauh dari rumah dan ditinggal di hutan, sampai akhirnya ia tertolong dan tinggal di rumah kurcaci. 

Mereka hidup saling membantu di mana putri diizinkan tinggal sementara, namun harus merawat rumah ketika kurcaci harus bekerja di luar. Kurcaci mengingatkan bahwa sang putri sebaiknya tetap di rumah saja, karena di hutan sangat berbahaya untuknya. Di rumah pun putri mengerjakan tugasnya seperti memasak, membaca buku, menari, membersihkan rumah. 

Suatu ketika Putri Salju merasa penasaran dan mengabaikan pesan kurcaci. Ia pun keluar rumah dan berada di hutan. Di sana ia bertemu ratu jahat yang hendak mencelakainya dengan apel racun, dan celaka. Meski akhirnya tertolong, namun putri sebetulnya dihadapkan pada pilihan membuat alur cerita yang baik dengan tetap di rumah. 

Kisah ini juga memberikan pesan bagi anak Anda untuk menaati himbauan kurcaci. Bahwa bahaya bisa saja timbul dari bahaya yang tidak kita ketahui, oleh karenanya tidak semua orang bisa keluar dari rumah. Hanya orang-orang tertentu saja seperti kurcaci yang perlu bekerja di luar agar mereka bisa tetap hidup. 

Kisah-kisah seperti ini tentu dapat membantu anak Anda menjadi lebih akrab dengan situasi dunia saat ini, dan membantu mereka memahami jarak sosial dan isolasi diri dengan jauh lebih baik. Anda bisa kaitkan cerita menarik dan relevan lain, tentu dengan cara yang menyenangkan. 

(Foto: freepik/kwanchaichai)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok