0 Point
pil diet

Bahaya Pil Diet, Sebabkan Kecanduan dan Masalah Kesehatan

Pil diet memiliki tujuan untuk membantu menurunkan berat badan orang yang mengkonsumsinya. Bagi Anda yang belum tahu, banyak dari obat-obatan ini mengandung stimulan seperti Amfetamin dan bisa sangat membuat ketagihan. Ini yang merupakan sejumlah bahaya pil diet.

Pil diet mencakup kelas obat dengan tujuan yang sama (biasanya penurunan berat badan) tetapi menggunakan metode yang berbeda dalam mencapai efek itu. Obat pil diet dapat bekerja dengan menahan nafsu makan, meningkatkan energi atau memblokir lemak. 

Karena beberapa pil diet mengandung Amfetamin, penggunaan terus-menerus dapat menyebabkan kecanduan. Selain itu, beberapa orang mungkin menderita gangguan yang terjadi bersamaan (seperti depresi atau gangguan makan) dan menjadi tergantung pada efek pil diet.

Pil diet pada dasarnya dapat diurutkan menjadi tiga kategori, ditentukan oleh susunan kimiawinya dan bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh. Tiga jenis pil diet meliputi:

Stimulan – Mempengaruhi sistem saraf pusat untuk meningkatkan energi dan rasa sejahtera. Stimulan juga bisa mengekang nafsu makan.

Penekan nafsu makan – Efeknya secara khusus menargetkan neurotransmiter serotonin dan norepinefrin di otak untuk meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Penghambat Lemak – Aktif di saluran pencernaan (yaitu lambung dan usus) untuk mengurangi penyerapan lemak hingga sepertiga.

FDA telah menyetujui formulasi tertentu dalam setiap jenis pil diet, meskipun tidak untuk semua orang. Namun, obat-obatan ini bisa berakibat fatal jika disalahgunakan. Berikut sejumlah bahaya pil diet.

Efek Penyalahgunaan Pil Diet

Sebagai kategori pil diet, stimulan memiliki risiko tinggi menyebabkan ketergantungan. Stimulan turunan amfetamin memengaruhi sistem di otak kita yang bertanggung jawab untuk merasa bahagia atau puas (mirip dengan stimulan lain seperti Kokain). 

Selain itu, banyak orang menjadi toleran terhadap energi yang mereka dapatkan dari pil mereka dan akhirnya meningkatkan jumlah yang mereka minum. Perilaku seperti itu adalah salah satu karakteristik umum dari kecanduan.

Overdosis pil diet mirip dengan overdosis Kokain atau Meth dan dapat mencakup gagal jantung. Efek jangka pendek dari pil diet jenis stimulan termasuk aliran energi, peningkatan tekanan darah dan detak jantung, kulit memerah, pusing, dan mulut kering. 

Terus menggunakan pil ini dapat menyebabkan insomnia, sembelit, hipertensi pulmonal, penyakit katup jantung, dan gejala penarikan jika orang tersebut berhenti meminumnya. 

Penggunaan penekan nafsu makan yang terus-menerus biasanya menyebabkan sakit kepala, pusing, dan berbagai masalah usus. Demikian juga, penghambat lemak diketahui menyebabkan bercak berminyak yang tidak menyenangkan, gas, dan masalah pencernaan serupa.

Menyadari bahwa Anda memiliki masalah dengan kecanduan bisa jadi sulit, bahkan mengatasinya bahkan lebih sulit. Untuk itu Anda bisa berkonsultasi dengan ahli atau dokter-dokter profesional.

Anda bisa dengan mudah berkonsultasi dengan dokter-dokter profesional yang ada di YesDok. Melalui aplikasi YesDok, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter ahli kapan saja dan di mana saja.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok