Bahaya Menggunakan Earphone Saat TIdur

August 26, 2022 | Kaifia

Seorang Pria Memakai Earphone Saat Tidur

Mungkin Anda tertidur saat sedang asyik mendengarkan lagu dengan earphone atau alunan nada lagunya yang cocok sebagai pengantar tidur. Namun, apakah menggunakan earphone saat tidur aman bagi kesehatan telinga?

Apabila penggunaannya tepat, tidur menggunakan earphone, earbud atau headphone bisa membantu Anda mudah tertidur. Namun, sangat penting untuk memperhatikan volume musik yang Anda dengarkan agar tidak menekan telinga Anda dan merusaknya dalam jangka waktu tertentu.

Health Cleveland and Clinic melansir bahwa mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Berikut adalah beberapa alasannya

  • Mendukung relaksasi 
  • Penghilang stres
  • Memblokir kebisingan 
  • Mempermudah tubuh terlelap tidur

Seorang Audiolog, Valerie Pavlovich Ruff, AuD, mengatakan bahwa orang yang cenderung memiliki telinga berdenging seringkali tidur dengan headphone dalam upaya menghentikan dering tersebut sehingga mereka bisa memperoleh istirahat malam tanpa gangguan suara eksternal. 

Lalu, apakah efek samping dari penggunaan earphone saat tidur?

Nekrosis 

Nekrosis adalah kondisi kerusakan sel yang terjadi ketika terlalu sedikit aliran darah akibat cedera atau trauma. Akibatnya, sel-sel kulit mati dan meninggalkan lesi atau jaringan hitam dan cokelat.

Jika Anda pasang earbud yang tidak pas di telinga, mereka akan memberikan tekanan pada kulit di dalam saluran telinga Anda. Hal ini bisa menyebabkan kematian jaringan atau nekrosis.

Penumpukan kotoran 

Earbud atau earphone yang Anda pakai dapat menghalangi sirkulasi udara di sekitar telinga sehingga menyebabkan kotoran telinga lebih mudah ditekan ke gendang telinga Anda. 

Jika hal ini terjadi, telinga dapat berdenging, pendengaran menjadi terganggu, dan telinga menjadi tersumbat.

Otitis eksterna 

Istilah ini merujuk pada kondisi yang menyebabkan iritasi pada saluran telinga Anda. pada kasus terburuk, kulit di sekitar saluran telinga secara perlahan-lahan akan aus dan menyebabkan cairan memasuki telinga. Hal ini bisa memicu rasa sakit pada bagian luar telinga.

YesDok Ads