0 Point
Mengucek mata

Awas, Ini Bahayanya Sering Mengucek Mata

Mengucek mata Anda setelah menghabiskan waktu berjam-jam terpaku di depan layar terkadang dapat memberi Anda bantuan sementara. Sayangnya menurut penelitian, ketika dilakukan terlalu sering atau terlalu banyak dapat memperburuk kondisi yang ada dan bahkan meningkatkan risiko infeksi mata.

Jika Anda menatap komputer sepanjang hari atau memiliki alergi mata, tidak ada yang terasa lebih memuaskan daripada memberikan mata yang baik. Mengucek mata memang terasa terapeutik karena merangsang saraf vagus, yang dapat memperlambat detak jantung Anda dan menghilangkan stres.

Karena itu, menggosok mata terlalu keras dan terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan mata. Sebagaimana penelitian menyebutkan banyak risiko yang muncul ketika sering mengucek mata. 

1. Merusak Kornea

Debu di mata Anda dapat menyebabkan iritasi dan godaan yang luar biasa menggosok mata. Mengucek mata terlalu sering dapat melemahkan kornea dan menyebabkan distorsi yang disebut keratoconus. Menggosok terus menerus dari jaringan kornea dapat menyebabkannya menipis dan menjadi lebih berbentuk kerucut, bahkan kerusakan parah dapat membutuhkan transplantasi kornea.

2. Memperburuk Glaukoma

Jika Anda memiliki kondisi mata yang buruk, menggosok mata dapat memperburuknya. Glaukoma sering disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam mata, yang dikenal sebagai tekanan intraokular (IOP). Tekanan ini dapat menyebabkan beberapa masalah termasuk kerusakan saraf optik, yang akhirnya dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Penderita yang minum obat glaukoma disarankan untuk tidak menggosok mata, bahkan jika obat itu membuat mereka merasa gatal dan buram.

3. Membuat Rabun Mata

Orang dengan rabun jauh, juga disebut miopia, dapat memperburuk kondisi mereka dengan menggosok mata. Kondisi ini telah menjadi hal yang umum di antara orang-orang dalam beberapa dekade terakhir. Menurut sebuah studi pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam Opthalmology, hampir 9,6 juta orang mengalami rabun dan pandangan mereka cenderung memburuk dari waktu ke waktu.

4. Membuat Infeksi

Perlu diketahui jika Anda sering mencuci atau membersihkan tangan Anda, mereka masih dapat mengambil ribuan kuman. Menyentuh mata langsung dengan tangan yang kotor dapat memindahkan bakteri ke mata yang dapat menyebabkan konjungtivitis atau kemerahan pada mata. Jika mata Anda terlanjur terinfeksi, kompres hangat dapat membantu meredakannya untuk penolongan pertama.

5. Membuat Lingkaran Merah dan Hitam pada Mata

Jika Anda mengucek mata dengan cukup keras dapat mematahkan pembuluh darah kecil di mata Anda, yang dapat menyebabkan mata merah. Lingkaran hitam dapat muncul karena peradangan yang disebabkan oleh terus-menerus mengucek kelopak mata. Munculnya lingkaran hitam usai mengucek mata disebut perubahan pigmen pasca inflamasi.

(Foto: eyecenter)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok