0 Point
Makeup Expired

Awas, Ini Bahaya Memakai Makeup Expired!

Banyak wanita suka memakai makeup karena dapat membuat penampilan mereka lebih menarik. Akan tetapi sebelum memakai makeup, pastikan dulu bahwa Anda tidak memakai makeup expired untuk merias wajah Anda. Ini karena, ada sejumlah efek samping dan bahkan bahaya memakai makeup expired khususnya pada kulit Anda.

Pemakaian makeup expired sering kali berlandaskan rasa “sayang” atau mubazir, jika produk makeup yang masih penuh harus dibuang. Padahal jika Anda tetap nekat memakai makeup expired dan mengalami efek samping karenanya, biaya untuk pengobatan ke dokter mungkin akan sama atau lebih mahal, ketimbang harga makeup itu sendiri.

Untuk itu, tak peduli apakah makeup expired Anda sudah terpakai habis atau masih penuh, Anda sebaiknya tetap mengabaikan pemakaiannya, karena beberapa efek samping ini mungkin saja terjadi:

Iritasi

Memakai produk makeup expired sudah jelas akan membuat kulit iritasi. Ini karena produk makeup yang sudah expired memiliki kandungan bakteri yang lebih tinggi. Saat bakteri bersentuhan dengan kulit, maka ini bisa menimbulkan reaksi kulit dan terjadilah iritasi. Beberapa gejala iritasi kulit akibat pemakaian makeup expired adalah munculnya bintik-bintik merah, ruam kemerahan, kulit terasa gatal atau panas, hingga kulit mengelupas.

Kulit jadi berjerawat

Bahaya memakai makeup expired selanjutnya adalah, ini bisa memicu timbulnya serangan jerawat pada kulit.

Kandungan minyak pada produk makeup seperti foundation atau cream blush yang sudah expired, biasanya akan mengumpul pada lapisan paling atas. Lalu, ketika Anda menggunakan makeup expired tersebut, artinya Anda menambahkan minyak berlebih pada kulit Anda, yang kemudian bisa menyumbat pori-pori kulit. Saat pori-pori kulit tersumbat akibat minyak ekstra dari produk makeup expired, dan tercampur juga dengan bakteri dari kulit atau yang berasal dari produk makeup expired, maka ini bisa menyebabkan munculnya jerawat di kulit.

Bibir membengkak

Memakai produk makeup expired bisa menyebabkan bibir membengkak, kulit bibir menjadi kering, bertekstur kasar, dan bahkan pecah-pecah. Siapa pun tentu tak menginginkan tampilan bibir yang buruk akibat terlalu kering dan banyak masalah. Untuk itu, hindari penggunaan lipstick, lip cream, atau produk riasan bibir lainnya yang sudah expired.

Selain itu, gunakan juga selalu lip balm, lip oil, atau lip serum, untuk menjaga bibir tetap sehat dan tampak cantik. Namun pastikan, bahwa produk-produk perawatan bibir yang Anda gunakan ini juga tidak expired.

Gangguan pada mata

Bahaya memakai makeup expired yang terakhir adalah, ini juga bisa menimbulkan masalah pada mata. Adanya kontak langsung antara penumpukkan bakteri pada produk makeup expired dengan area mata seperti kelopak atau bulu mata, bisa menyebabkan banyak masalah. Beberapa masalah pada mata akibat makeup expired tersebut antara lain:

  • Mata berair
  • Mata memerah
  • Muncul bisul atau jerawat pada area mata (bintitan)
  • Infeksi mata

(Foto: humnutrition.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok