0 Point
vaksinn

Apakah Vaksin COVID-19 Dosis Keempat Diperlukan?

Laporan awal menunjukkan bahwa dua dosis standar vaksin COVID-19 mungkin tidak memberikan perlindungan yang cukup terhadap infeksi varian Omicron, meskipun masih menawarkan perlindungan yang cukup terhadap penyakit parah dan kematian.

Kondisi ini telah mempercepat peluncuran vaksin booster di banyak negara, dengan pembuat vaksin mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan vaksin khusus varian Omicron.

Meskipun manfaat dari tiga dosis vaksin ini menjadi kian jelas, namun berapa lama perlindungan yang diberikan belum terlalu jelas.

Timbul wacana, apakah dosis keempat vaksin COVID-19 pada akhirnya akan diperlukan untuk memerangi masalah ini. Inilah pendapat para ahli mengenai vaksin dosis keempat.

CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan kepada CNBC bahwa dosis keempat mungkin diperlukan setelah penelitian awal menunjukkan bahwa varian Omicron dapat merusak antibodi yang dihasilkan oleh vaksin COVID-19. 

Dia juga mengatakan bahwa kita mungkin membutuhkannya lebih cepat daripada nanti.

“Ketika kami melihat data dunia nyata, itu akan menentukan apakah Omicron tercakup dengan baik oleh dosis ketiga dan untuk berapa lama. Dan poin kedua, saya pikir kita akan membutuhkan dosis keempat,” kata Bourla.

“Dengan Omicron kita perlu menunggu dan melihat karena kita hanya memiliki sedikit informasi. Kami mungkin membutuhkannya lebih cepat, ”tambahnya.

Terlepas dari komentar tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum memutuskan untuk mendukung peluncuran global suntikan booster dan telah mengisyaratkan bahwa lebih banyak data diperlukan sebelum keputusan dibuat.

Dr. Monica Gandhi, spesialis penyakit menular dari University of California, San Francisco, mengatakan, penelitian menunjukkan bahwa memberi vaksin terlalu cepat tidak akan memberikan banyak manfaat.

“Data sejauh ini mendukung pemberian booster 4 hingga 6 bulan setelah dosis kedua tetapi jarak dosis sebenarnya meningkatkan imunogenisitas, jadi saya tidak akan memberikan lebih cepat dari 12 minggu setelah dosis terakhir,” katanya.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok