0 Point
Masalah pencernaan

Apa yang Bisa Anda Lakukan saat Alami Masalah Pencernaan?

Ada banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan masalah pencernaan, mulai dari pola makan yang tidak sehat, diet yang salah, hingga stres. Meski begitu, beberapa kasus masalah pencernaan umumnya tidak perlu dikhawatirkan dan bisa diatasi dengan pengobatan rumahan.

Beberapa masalah pencernaan yang umum terjadi meliputi:

  • Perut tidak nyaman
  • Mag
  • Gas
  • Kembung
  • Sembelit
  • Diare

Pola makan atau gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah pencernaan lebih sering terjadi. Perubahan pada pola makan dan gaya hidup, bisa sangat membantu dalam mengatasi gejala masalah pencernaan. Tak hanya itu, beberapa pengobatan rumahan ini juga dapat membantu Anda terbebas dari masalah pencernaan, apa saja?

Istirahat

Stres dapat memengaruhi sistem pencernaan. Banyak orang mengalami kondisi perut yang tidak nyaman di saat-saat penting, seperti ketika akan presentasi di depan banyak orang, mengikuti ujian, menikah, dan lain-lain.

Ada hubungan antara kesehatan fisik dan mental, untuk itu, mengelola stres dengan baik dapat berdampak positif untuk keduanya. The American Psychological Association merekomendasikan tiga cara utama untuk mengelola stres:

  • Dikelilingi dengan orang-orang yang tepat/memiliki support system yang baik.
  • Berolahraga secara teratur
  • Tidur yang cukup

Meminum teh mint

Teh mint dapat membantu Anda yang tengah diserang mual dan gangguan pencernaan lainnya. Namun, beberapa orang menemukan bahwa mint juga dapat menyebabkan mulas atau refluks asam. Jadi, bagi Anda yang memiliki riwayat refluks asam, maka ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menyesap secangkir teh mint.

Cara membuat teh mint:

  1. Sisihkan 5-10 lembar daun mint.
  2. Rebus 1 gelas air, setelahnya biarkan air hingga suhunya menurun.
  3. Masukkan daun mint ke dalam cangkir, dan tuang air, lalu diamkan selama 3-5 menit.
  4. Tambahkan seiris lemon atau sedikit madu untuk menambah cita rasa pada teh mint.

Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan dapat membantu melancarkan pencernaan. Menjaga tubuh tetap aktif memungkinkan gravitasi untuk membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar dan lebih baik. Berjalan-jalan di sekitar rumah Anda bisa menjadi pilihan olahraga ringan dan menyenangkan, sekaligus menjauhkan Anda dari masalah pencernaan seperti kembung.

(Foto: vox.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok