0 Point
Yoga Ibu Hamil

Apa Saja, Manfaat Melakukan Yoga Khusus Ibu Hamil?

Sangat penting untuk tetap bugar dan sehat selama kehamilan. Salah satu yang bisa membantunya adalah dengan melakukan yoga khusus ibu hamil. 

Melakukan yoga selama masa kehamilan dapat membantu meredakan stres, ketegangan, meningkatkan kekuatan dan kelenturan, serta mengatasi gejala prenatal yang umum, seperti nyeri punggung bawah dan mual.

Yoga prenatal atau yoga khusus ibu hamil biasanya melibatkan latihan pernapasan, peregangan lembut, postur atau gerakan yang sederhana, dan meditasi singkat. Beberapa postur mungkin sama dengan kelas yoga biasa, namun beberapa lainnya akan dimodifikasi khusus kehamilan. Tak hanya itu, Anda juga akan mempelajari teknik relaksasi yang digunakan selama persalinan, serta posisi yang dapat membantu meredakan nyeri kontraksi.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat melakukan yoga khusus ibu hamil, yakni:

Meningkatkan fleksibilitas

Umumnya, ibu hamil yang rutin melakukan latihan yoga tampak lebih sehat secara pikiran maupun tubuhnya. Tubuh mereka akan menjadi lebih fleksibel, yang memungkinkannya juga untuk beradaptasi dengan berbagai posisi saat melahirkan, dan ligamen menjadi lebih elastis. Pada akhirnya, ini dapat membantu mengurangi nyeri saat persalinan.

Meningkatkan sirkulasi darah

Melakukan gerakan yoga selama masa kehamilan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Meredakan stres

Yoga dikenal akan kemampuannya untuk meredakan stres dan meningkatkan relaksasi, dan yoga khusus ibu hamil pun tidak berbeda. Semakin tenang yang Anda rasakan selama kehamilan, maka semakin baik untuk kesehatan Anda dan kesehatan bayi dalam kandungan.

Memperbaiki postur tubuh

Yoga dapat meregangkan dan memanjangkan tulang belakang dan membuka bahu Anda. ini kemudian dapat bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh. Tak hanya itu, rutin melakukan yoga juga akan meringankan masalah punggung yang kerap terjadi pada ibu hamil.

Meningkatkan kualitas tidur

Ibu hamil sering mengeluh kesulitan tidur atau tetap tertidur sepanjang malam. Namun, latihan yoga yang teratur dapat membantu meningkatkan kualitas dan durasi tidur ibu hamil.

Memperkuat otot

Yoga bahkan terus memberikan manfaat bahkan setelah kehamilan. Yoga pascamelahirkan dapat dimulai sekitar enam minggu setelah persalinan. Ini dapat membantu memperkuat otot perut dan dasar panggul Anda.

(Foto: yogauonline.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok