Anda Sering Buang Air Kecil? Hindari Beberapa Asupan Ini

October 12, 2020 | Iman

Kopi dan teh

Jika anda cukup minum air, sangat normal untuk buang air kecil delapan kali dalam sehari, selain itu bangun di malam hari lalu buang air kecil juga merupakan hal yang sangat normal. 

Namun, jika melebihi batas tersebut, maka Anda harus memerhatikannya karena mungkin Anda memiliki kandung kemih yang terlalu aktif (OAB).

Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa, tetapi dapat terjadi juga pada semua usia. OAB terjadi ketika otot-otot kandung kemih Anda berkontraksi secara tiba-tiba, sehingga menyebabkan sering buang air kecil secara intens.

Beberapa orang mengatakan bahwa makanan atau minuman tertentu mungkin dapat memperburuk gejala OAB mereka dan berikut adalah makanan yang harus dihindari. 

1. Cokelat

Konsumsi coklat dapat meningkatkan keinginan untuk buang air kecil jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih karena diyakini memiliki efek langsung pada otot polos kandung kemih.

2. Teh dan kopi

Sama seperti pada coklat, dua minuman ini memiliki kandungan kafein yang tinggi dan bila dikonsumsi secara berlebihan karena dapat meningkatkan aktivitas kandung kemih dan memperburuk gejala OAB.

3. Buah jeruk

Beberapa buah citrus seperti Jeruk, jeruk nipis, dan lemon diyakini cepat memperburuk gejala OAB karena buah-buah tersebut mengandung asam sitrat dalam jumlah tinggi.

4. Produk tomat

Sebuah Penelitian menunjukkan bahwa tomat kaya akan asam asam sehingga dapat mengiritasi kandung kemih dan memperburuk gejala OAB. Hindarilah beberapa produk olahan tomat seperti pasta atau saus tomat.

5. Bawang

Bawang mentah juga dapat menyebabkan masalah kandung kemih dan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil, meskipun dalam kasus yang tidak umum pada penderita OAB.

YesDok Ads