0 Point

Anak Suka Makan Manis? Hati-Hati Bahaya Diabetes Mengintai Si Kecil

Pola hidup tidak sehat ditambah mengonsumsi gula atau makanan manis yang berlebihan dapat memicu penyakit diabetes. Sayangnya, banyak yang beranggapan bahwa diabetes hanya akan menimpa orang dewasa saja. Padahal diabetes juga dapat dialami oleh anak-anak.

Berdasarkan data dari Diabetes Atlas yang dikeluarkan International Diabetes Federation (IDF) pada tahun 2017 menyatakan bahwa Indonesia masuk dalam peringkat 10 besar negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi, yakni sekitar 10,3 juta orang. Kasus diabetes pada anak dibawah usia 15 tahun, diperkirakan terdapat sekitar 10,9 persen.

Menurut data Ikatan Dokter Anak Indonesia ( IDAI) yang dirilis pada tahun 2018, kasus diabetes melitus pada anak mengalami kenaikan hingga 700 persen selama 10 tahun terakhir. Sedangkan menurut WHO, Indonesia sempat menempati urutan keempat penyandang diabetes melitus terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat, Cina dan India.

Dulu diabetes memang kebanyakan diidap oleh orang dewasa. Tapi kini Anda sebagai orang tua harus waspada karena diabetes mengintai si kecil. Komplikasi pada anak yang menderita diabetes dapat muncul lebih awal. Namun hal ini bisa dicegah sejak masa kehamilan.

Adapun gejala komplikasi yang 80 persen dialami oleh penderita diabetes adalah kesemutan, luka yang sulit sembuh, gatal di sekitar area kemaluan, gangguan penglihatan, serta gangguan ereksi pada pria.

Cara Anda mencegah diabetes yaitu dengan mengontrol asupan makanan saat hamil. Anda harus selektif memilih makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Hindari pula mengonsumsi karbohidrat dan lemak secara berlebihan.

Jika si kecil menyukai makan makanan manis sebaiknya mulai dari sekarang Anda harus membatasinya dan jangan membiarkannya. Anda bisa memulai dengan menghindari memberikan susu formula yang kadar gulanya tinggi.

Sejak dini, Anda bisa mengajak si kecil untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Aktif melakukan kegiatan diluar ruangan dan rutin berolahraga juga dapat membantu si kecil mencegah terkena diabetes. 

(Foto: tcoyd)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok