0 Point
Sakit Punggung Saat Hamil

6 Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil yang Mengganggu Anda

Sakit punggung adalah keluhan yang umum saat masa kehamilan. Sakit punggung umum terjadi pada trimester kedua masa kehamilan. Sakit punggung saat hamil, bisa menyebabkan ketidaknyamanan berkali-kali lipat.

Rasa nyeri ketika Anda mengalami sakit punggung saat hamil bisa muncul, ketika Anda mencoba membungkukkan badan ke depan, bangun dari tempat tidur, berdiri dari posisi duduk, dan mengangkat beban berat.

Beberapa penyebab umum terjadinya sakit punggung saat hamil adalah:

Perubahan hormon

Sakit punggung saat hamil dapat terjadi ketika tubuh memproduksi hormon relaksin yang membuat ligamen menjadi lebih relaks, sehingga persendian menjadi longgar. Ini bertujuan untuk mempersiapkan tubuh menjelang proses persalinan.

Akibat hormon ini, ligamen dan otot yang menopang tulang belakang mengalami dampak. Saat ligamen dan otot sekitar panggul menjadi longgar, sakit punggung tidak dapat terhindarkan.

Pertumbuhan bayi

Semakin bertambahnya usia kandungan, maka ukuran janin juga akan semakin membesar, begitu juga dengan rahim ibu hamil. Pertumbuhan janin dan rahim yang semakin besar bisa menekan pembuluh darah dan saraf di area panggul dan punggung. Inilah yang kemudian menyebabkan kondisi sakit punggung saat hamil.

Berat badan bertambah

Naiknya berat badan di masa kehamilan, juga menjadi salah satu faktor penyebab sakit punggung saat hamil. Tulang belakang yang bertugas menopang tubuh, harus bekerja ekstra keras seiring dengan bertambahnya berat badan ibu hamil. Inilah yang kemudian menyebabkan munculnya rasa sakit di area punggung bawah dan panggul.

Jarang bergerak

Meski sedang hamil, bukan berarti Anda harus terus-menerus berbaring di atas tempat tidur dan jarang bergerak. Justru ketika Anda malas gerak, ini lebih meningkatkan kemungkinan Anda untuk mengalami sakit punggung saat hamil. Lakukanlah olahraga ringan, sehingga Anda bisa terhindar dari masalah sakit punggung.

Postur tubuh berubah

Saat hamil, postur tubuh Anda saat duduk, berjalan, atau tidur mungkin akan ikut berubah. Postur tubuh yang buruk bisa mengakibatkan sakit punggung dengan rasa nyeri yang parah saat hamil.

Stres

Selain tidak baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin, stres pada ibu hamil juga akan berpengaruh terhadap kondisi fisik tubuhnya. Stres bisa menyebabkan otot menjadi tegang. Saat stres meningkat, sakit punggung saat hamil mungkin akan terasa sangat menyakitkan.

(Foto: parents.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok