0 Point
Kebugaran tubuh

5 Parameter Mengukur Kebugaran Tubuh

Tak dapat dipungkiri, masih banyak yang berpikir tingkat kebugaran seseorang ditentukan oleh tubuh ramping dan perut six-pack. Faktanya mitos ini tidak berlaku bagi sebagian orang.

Beberapa orang mungkin secara genetik ramping atau gemuk tetapi bisa sama-sama bugar dibandingkan dengan orang lain. Fisik Anda sebenarnya tidak ada hubungannya dengan tingkat kebugaran dan umur panjang Anda. Berikut lima hal yang untuk mengukur tingkat kebugaran.

1.Stamina

Stamina adalah kemampuan mental dan fisik untuk melakukan suatu aktivitas dalam waktu yang lama. Ini adalah kemampuan untuk melakukan aktivitas tanpa merasa mudah lelah. Saat berolahraga, stamina sangat penting untuk menyelesaikan seluruh sesi tanpa mengorbankan kinerja tubuh.

Untuk membangun stamina, batasi waktu pemulihan Anda saat melakukan latihan apa pun. Tingkatkan jumlah pengulangan dan tingkatkan intensitas latihan.

2. Fleksibilitas

Menjadi fleksibel adalah aspek penting lain dari menjadi bugar secara fisik. Kondisi ini didefinisikan sebagai kemampuan sendi atau otot untuk bergerak dalam berbagai gerakan. Menjadi fleksibel membantu Anda melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah tanpa melukai diri sendiri. Meskipun fleksibilitas seseorang bervariasi dari usia, berolahraga dapat membuat perbedaan besar.

Fleksibilitas dapat dengan mudah ditingkatkan dengan melakukan yoga dan latihan peregangan. Teknik menahan otot dan persendian dalam waktu lama dalam latihan ini dapat membantu meningkatkan mobilitas dan jangkauan gerak.

3. Kekuatan

Latihan kekuatan meningkatkan kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Memiliki kekuatan otot yang kuat dapat melindungi persendian Anda dari cedera saat mengangkat beban berat dalam kehidupan sehari-hari.

4. Keseimbangan

Bisakah Anda menyeimbangkan berat badan Anda dengan satu kaki selama satu menit?

Keseimbangan didefinisikan sebagai kemampuan tubuh untuk mencegah jatuh selama latihan tertentu dan mempertahankan pusat gravitasi untuk dukungan. Sangat penting untuk melakukan beberapa kegiatan dalam sehari dan sangat penting untuk orang dewasa yang lebih tua. Semua latihan yang membantu memperkuat tubuh bagian bawah dan core dapat membantu meningkatkan keseimbangan Anda.

5. Postur

Mempertahankan postur tubuh yang baik membantu meningkatkan kepribadian Anda dan juga menjaga tulang dan sendi Anda dalam keselarasan yang optimal. Postur tubuh yang baik mengurangi robekan otot dan ligamen. Membungkuk, mengunci lutut dan membulatkan bahu adalah postur tubuh yang tidak sehat dan meningkatkan risiko radang sendi, osteoporosis, dan nyeri leher rahim.

Rutin berlatih yoga dan latihan kekuatan untuk memperbaiki postur Anda. Perhatikan juga postur tubuh Anda sepanjang hari saat berjalan dan duduk dan perbaiki.

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok