0 Point
teh hijau

5 Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Apa yang Anda minum dapat memberikan dampak yang sama besarnya dengan apa yang Anda makan.

Meskipun tidak ada minuman penurun berat badan, minuman tertentu membuat Anda kenyang lebih lama, yang dapat mencegah Anda mengkonsumsi kalori berlebih sepanjang hari.

Minuman tertentu bahkan dapat meningkatkan metabolisme Anda sehingga Anda dapat membakar kalori lebih efisien.

Berikut adalah beberapa minuman terbaik untuk dikonsumsi jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

Air

Air adalah salah satu pilihan terbaik Anda untuk menurunkan berat badan. “Tidak hanya bebas kalori, tetapi juga membuat Anda kenyang sehingga Anda tidak makan berlebihan,” kata Kristin Gillespie RD, ahli gizi bersertifikat di Option Care Health.

Ulasan tahun 2019 menemukan bahwa peningkatan asupan air dikaitkan dengan rata-rata penurunan berat badan 5,15%. Jadi, misalnya, jika Anda menimbang 150 pon, itu sama dengan sekitar 7,7 pon yang hilang.

Bertujuan untuk minum setidaknya setengah berat badan Anda dalam ons air setiap hari, kata Reisdorf. Jadi, jika berat Anda 150 pon, Anda harus minum setidaknya 75 ons air setiap hari, atau sekitar 2,2 liter.

Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan kafein, dua senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme. Ini juga mengandung kafein, yang menurut penelitian dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar saat istirahat.

Sebuah penelitian kecil tahun 2005 terhadap subjek yang kelebihan berat badan dan obesitas sedang menemukan bahwa mengkonsumsi campuran teh hijau dengan 150 miligram kafein selama tiga bulan dikaitkan dengan lebih banyak penurunan berat badan dan kehilangan lemak, serta pengurangan lingkar pinggang yang signifikan.

Teh hitam

Seperti teh hijau, teh hitam penuh dengan antioksidan, khususnya polifenol, yang mengurangi risiko obesitas. 

Ulasan tahun 2018 menemukan bahwa polifenol dalam teh mengurangi seberapa banyak tubuh Anda menyerap lemak dan gula, sehingga mengurangi asupan kalori dan mendukung penurunan berat badan.

Selain itu, sebuah penelitian kecil tahun 2014 menemukan bahwa minum 3 cangkir teh hitam sehari selama tiga bulan mengurangi risiko kenaikan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang sekitar 2 sentimeter dibandingkan dengan kelompok plasebo yang mengonsumsi minuman dengan rasa dan kafein yang sama, tapi tanpa polifenol.

Minuman berprotein

Minuman protein seperti protein kedelai, protein putih telur, protein kasein, dan protein kacang polong semuanya telah terbukti membantu menurunkan berat badan. 

Itu karena protein dalam minuman berprotein membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna tubuh, sehingga Anda membakar lebih banyak kalori.

Ulasan tahun 2014 menemukan bahwa mencerna protein dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda saat istirahat sebesar 15% hingga 30% sedangkan karbohidrat dan lemak hanya menyebabkan peningkatan 3% hingga 10%. 

Itu bisa membantu menjelaskan mengapa diet tinggi protein membakar lebih banyak kalori beberapa jam setelah makan dibandingkan dengan diet lain.

Kopi hitam

Minum kopi telah terbukti mengurangi nafsu makan dan asupan kalori sepanjang hari, tetapi juga meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar saat istirahat. 

Sebagai contoh, sebuah penelitian kecil tahun 2020 menemukan bahwa minum empat cangkir kopi sehari selama 24 minggu dikaitkan dengan pengurangan lemak tubuh 4% pada orang dewasa yang kelebihan berat badan.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok