Diet
+1

4 Minuman Pengganti Air Putih untuk Ibu Hamil

April 02, 2020 | Claudia

Infused water

Selama masa kehamilan, tubuh harus tetap terhidrasi dengan baik. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai macam fungsi, misalnya mengeluarkan racun, membuat cairan ketuban, membangun jaringan tubuh pada bayi dalam kandungan, dan masih banyak lagi.

Ibu hamil biasanya perlu minum sekitar 1 hingga 2 liter cairan dalam sehari. Air putih memang merupakan minuman terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan seseorang. Akan tetapi, ibu hamil kerap mengalami perubahan selera, bahkan air putih saja kadang bisa membuatnya mual. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan cairannya setiap hari, ada beberapa minuman yang bisa menjadi alternatif bagi ibu hamil.

Berikut ini beberapa minuman sehat yang bisa menjadi pilihan untuk konsumsi ibu hamil:

1. Smoothie

Biasanya, trimester awal kehamilan merupakan saat-saat yang berat bagi ibu hamil. Morning sickness dan serangan mual membuatnya kesulitan untuk makan atau bahkan minum. Jika minum air putih bisa memancing rasa mual, maka salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan air putih guna memenuhi kebutuhan cairan adalah smoothie.

Smoothie merupakan salah satu minuman terbaik yang juga enak untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Akan tetapi, konsumsi smoothie bisa memicu terjadinya lonjakan gula darah akibat kandungan gula di dalamnya yang cukup tinggi. Untuk itu, cobalah pilih buah-buahan yang lebih rendah gula seperti avokad, ceri, kiwi, atau stroberi. Pastikan juga untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula ke dalam smoothie bikinan Anda.

2. Susu

Kaya akan kalsium dan protein, susu adalah minuman yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Jika Anda menghindari konsumsi lemak yang berlebihan dari susu full cream, susu skim bisa dijadikan pilihan karena susu ini cenderung memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit.

Bagi para ibu yang tidak suka susu sapi atau menderita intoleransi laktosa, susu kedelai juga bisa menjadi alternatif terbaik.

3. Infused water

Jika air putih saja cenderung membuat Anda merasa mual, maka cobalah untuk membuat infused water dengan menambahkan potongan-potongan buah segar ke dalam air putih. Lemon, jeruk, atau buah-buahan tropis lainnya dapat menambah cita rasa pada air putih yang Anda minum. Ini memberikan rasa segar tanpa menimbulkan mual. Jangan lupa untuk menaruhnya ke dalam lemari es terlebih dahulu untuk menambah kesegaran saat diminum.

4. Air kelapa

Air kelapa juga bisa menjadi pilihan yang menyegarkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Kaya akan antioksidan, potasium, magnesium, dan vitamin C, minum air kelapa juga memberikan sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan.

Minum air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Air kelapa juga bermanfaat untuk ibu hamil karena membantu dalam menstabilkan gula darah. Salah satu masalah umum yang terjadi selama masa kehamilan adalah mual dan muntah. Hingga 85% wanita hamil akan mengalami mual dan muntah dari sekitar 12 minggu hingga 16 minggu masa kehamilan. Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa akan sangat baik untuk meredakan mual dan muntah selama masa kehamilan.

(Freepik/azerbaijan_stock)

YesDok Ads