0 Point
Nyeri payudara

4 Hal yang Bisa Menyebabkan Nyeri Payudara

Banyak wanita dari segala usia mengeluhkan nyeri pada payudara, yang juga dikenal sebagai mastalgia. Nyeri ini bisa terjadi sebelum dan sesudah menopause. Namun, nyeri payudara paling sering terjadi ketika seorang wanita masih mengalami menstruasi.

Tingkat keparahan dan nyeri payudara dapat bervariasi. Nyeri bisa terjadi pada kedua payudara, satu payudara, atau bahkan merembet ke ketiak. Tingkat keparahan dapat berkisar dari ringan hingga parah, dan biasanya digambarkan sebagai nyeri yang menusuk, disertai sensasi terbakar, atau payudara terasa sesak.

Perubahan hormonal akibat menstruasi, kehamilan, menyusui, dan menopause juga bisa menyebabkan nyeri payudara, selain itu, beberapa hal ini juga menjadi penyebab umum dari nyeri payudara:

Kista payudara

Beberapa wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami nyeri payudara yang sangat menyakitkan, dibandingkan dengan beberapa wanita lainnya. Kadang-kadang, perubahan pada saluran susu atau kelenjar dapat menyebabkan pembentukan kista payudara.

Kondisi kista payudara bisa terasa seperti adanya benjolan di payudara. Kista adalah kantung berisi cairan yang bisa terasa lunak atau keras. Banyak kasus kista tidak menyebabkan rasa sakit. Kista bisa membesar selama siklus menstruasi yang dalam hal ini mungkin bisa menyebabkan rasa sakit. Kista kemudian bisa menghilang begitu seorang wanita mencapai masa menopause.

Kebanyakan kista payudara terdiri dari cairan, bukan sel. Kista berbeda dari tumor, dan tidak bersifat kanker.

Pemakaian bra yang tidak pas

Nyeri payudara dapat terjadi akibat pemakaian bra yang tidak pas. Bra yang terlalu ketat atau longgar akan menekan payudara dan membuatnya tidak tertopang dengan benar, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Pastikan Anda benar-benar memakai payudara dengan tepat, dan membeli ukuran payudara yang sesuai dengan lingkar dada dan ukuran payudara Anda. Mengenakan bra olahraga saat berolahraga juga sangat disarankan untuk menjaga payudara tetap nyaman selama sesi latihan fisik.

Punggung, leher, atau bahu yang terkilir

Terkilir di bagian tubuh seperti punggung, leher, atau bahu, bisa menyebabkan sensasi nyeri pada payudara.

Kanker payudara

Kebanyakan kanker payudara tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, kanker payudara inflamasi dan beberapa tumor bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada payudara. Anda harus segera menghubungi dokter jika mengalami:

  • Benjolan pada payudara
  • Nyeri atau benjolan yang tak kunjung mengempis bahkan setelah menstruasi
  • Keluarnya cairan dari puting susu, berupa cairan bening, darah, atau lainnya
  • Nyeri payudara tanpa sebab yang jelas dan tak kunjung sembuh
  • Infeksi payudara yang berlangsung lama disertai gejala lain seperti ruam kemerahan, nanah, dan disertai demam

(Foto: mfine.co)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok