0 Point
Kaki

3 Penyakit Paling Umum di Kaki

Selain tangan, kaki kita juga menjadi salah satu bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk bekerja. Setiap harinya, kaki membawa kita bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Dari mulai berjalan, berlari, melompat, dan memanjat, semua dikerjakan oleh kaki kita, maka tak heran jika banyak masalah menghampiri kaki.

Cedera, peradangan, nyeri, merupakan beberapa keluhan yang bisa kita alami pada kaki. Penggunaan alas kaki yang tidak tepat, diabetes, dan penuaan, merupakan beberapa penyebab utama dari masalah kaki. Ada beberapa jenis masalah kaki yang paling umum dijumpai, yakni:

Athlete's foot

Athlete's foot merupakan infeksi jamur pada kulit, biasanya ditemukan di antara jari-jari kaki. Infeksi dapat menyebar ke area kaki hingga area tubuh yang lain, yang dapat menyebabkan rasa gatal, ketidaknyamanan, bahkan nyeri.

Plantar fasciitis

Menurut American Academy of Orthopedic Surgeons, plantar fasciitis merupakan penyebab paling umum dari munculnya nyeri tumit. Kondisi ini terjadi ketika plantar fascia di bagian bawah kaki mengalami peradangan. Ligamen ini bertanggung jawab untuk menopang lengkungan kaki.

Kuku kaki tumbuh ke dalam

Kondisi ini terjadi saat kuku mulai tumbuh ke dalam dan menusuk daging, menyebabkan rasa sakit yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Biasanya hal ini terjadi akibat pemakaian alas kaki dengan ukuran yang tidak pas. Penyebab lainnya yakni memotong kuku kaki terlalu pendek, atau trauma pada kaki akibat aktivitas yang berat, misalnya berlari. Kuku kaki yang tumbuh ke dalam bisa menyebabkan kemerahan, bengkak, nyeri, atau bahkan keluar cairan dari kuku yang juga mengindikasikan adanya infeksi.

(Foto: newscientist.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok