0 Point
Sakit gigi

3 Pengobatan Rumahan untuk Sakit Gigi

Sepenggal lirik lagu dangdut mengatakan, “Daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi ini…” setujukah Anda?

Sakit gigi adalah perasaan nyeri di sekitar gigi dan rahang. Kerusakan gigi, infeksi, tambalan yang longgar atau patah, bisa menjadi penyebabnya. Jika nyeri berlangsung lebih dari 1 atau 2 hari, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi untuk mengobatinya.

Namun, jika sakit gigi baru saja muncul, Anda bisa mencoba beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu meredakan sakitnya, seperti:

Kompres dingin atau kompres es

Kompres dingin atau kompres es dapat membantu meringankan rasa sakit akibat sakit gigi, terutama jika sakit gigi disebabkan oleh cedera atau gusi yang bengkak. Anda dapat mencoba mengompresnya dengan es yang telah dibalut dengan kain bersih, lalu menempelkannya di bagian luar pipi di tempat gigi yang sakit. Anda bisa mengulanginya sesering mungkin sampai rasa sakit mereda.

Kompres dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, memperlambat aliran darah ke area yang sakit. Ini bisa membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Kumur air garam

Berkumur dengan air garam yang hangat dapat membantu mengeluarkan kotoran yang bersarang di gigi berlubang atau di sela-sela gigi. Ini juga membantu mengurangi pembengkakan, mempercepat penyembuhan dan meredakan sakit tenggorokan.

Berkumur dengan air garam dapat dilakukan dengan melarutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan air garam ini selama sekitar 30 detik sebelum mengeluarkannya kembali dari mulut. Ulangi perawatan ini sesering yang dibutuhkan sampai rasa sakit benar-benar hilang.

Lidah buaya

Gel lidah buaya alami, telah lama digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan luka ringan. Beberapa orang bahkan menggunakannya untuk membersihkan dan menenangkan gusi. Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki sifat antibakteri alami dan dapat memusnahkan kuman penyebab kerusakan gigi. Oleskan gel lidah buaya pada area mulut yang sakit atau nyeri dan lakukanlah pijatan yang lembut untuk membantu menenangkan dan meredakan rasa sakit.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok