0 Point
Sakit Punggung

3 Cara Redakan Sakit Punggung Tanpa Operasi

Sakit punggung kronis bisa sulit diobati. Namun, ada kemungkinan untuk mengobati sakit punggung tanpa harus menjalani operasi, seperti akupunktur dan perubahan gaya hidup.

Sakit punggung adalah masalah yang umum, orang dewasa paling sering merasakan masalah ini. Rasa sakit dapat berkembang secara mendadak, sebagai akibat dari ketegangan otot yang disebabkan oleh mengangkat beban berat atau terjadi kecelakaan. Tak hanya itu, beberapa kondisi seperti radang sendi, osteoporosis, atau skoliosis bisa menyebabkan masalah sakit punggung.

Tergantung pada penyebabnya, dokter mungkin merekomendasikan tindakan operasi untuk mengatasi sakit punggung kronis. Akan tetapi, operasi tidak selalu diperlukan. Ada beberapa pilihan pengobatan lain yang bisa membantu mengatasi atau meredakan sakit punggung, termasuk pengobatan rumahan dan perubahan gaya hidup.

Berikut beberapa pilihan untuk mengatasi masalah sakit punggung:

Akupunktur

Akupunktur adalah praktik pengobatan tradisional cina. Seorang terapis akupunktur akan memasukkan jarum tipis ke titik-titik tertentu pada tubuh. Akupunktur bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai penyakit bahkan penyakit yang kronis.

Akupunktur disebut dapat membantu memulihkan fungsi organ tubuh dan menghilangkan rasa sakit pada beberapa orang yang menderita nyeri punggung bawah kronis. Sebuah meta-analisis juga menemukan bahwa akupunktur dapat memberikan bantuan untuk nyeri kronis, yang akan membuat kondisi menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Menurunkan berat badan

Otot punggung, tulang, dan persendian bekerja keras untuk menopang tubuh saat seseorang bergerak, duduk, dan berdiri. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan sakit punggung, karena peningkatan tekanan pada tulang belakang, dan otot menjadi tegang. Satu studi menemukan bahwa obesitas memiliki hubungan dengan tingkat rasa sakit pada punggung bawah.

Menurunkan berat badan dapat membantu mengatasi sakit punggung, jika berat badan merupakan penyebabnya.

Olahraga

Meskipun saat dilanda sakit punggung Anda mungkin akan kesulitan untuk tetap bergerak secara aktif, namun sedikit latihan fisik ringan mungkin bisa membantu mengatasinya. Penelitian telah lama menunjukkan bahwa olahraga dapat melepaskan endorfin. Endorfin dapat membantu menghentikan rasa sakit. Latihan fisik yang ditujukan untuk memperkuat otot punggung dan leher dapat mengurangi nyeri pada penderita nyeri punggung dan leher kronis.

(Foto: verywellfit.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok