0 Point
Keram Menstruasi

3 Alasan Dibalik Keram Menstruasi yang Sangat Menyakitkan

Setiap bulan, banyak wanita mengalami keram perut akibat menstruasi. Namun, beberapa wanita mengeluhkan rasa sakit yang terasa amat mengganggu, bahkan bisa membuat mereka kesulitan beraktivitas atau sekadar bangun dari tempat tidur.

Jika rasa sakit akibat keram menstruasi terasa amat hebat, maka Anda disarankan untuk segera mengonsultasikannya ke dokter. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kondisi ini, yakni:

Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Gejala paling umum ketika Anda menderita endometriosis adalah nyeri hebat yang datang saat menstruasi. Gejala lain yang lebih parah bahkan dapat menyebabkan penderita sulit memiliki anak.

Uterine fibroid

Rahim Anda dapat menjadi rumah bagi tumbuhnya beberapa tumor jinak non-kanker yang dikenal sebagai uterine fibroid. Hampir sekitar 75 persen wanita menghadapi hal ini.

Beberapa wanita bahkan tidak menyadari kehadiran fibroid, padahal sebenarnya fibroid merupakan penyebab utama di balik keram menstruasi yang sangat menyakitkan. Tak hanya itu, fibroid juga membuat pendarahan saat menstruasi menjadi sangat banyak dan berlangsung lebih lama.

Radang panggul

Radang panggul merupakan suatu infeksi yang menyerang serviks, uterus, tuba falopi, dan ovarium. Kasus ini biasanya ditemukan pada perempuan berusia 15-24 tahun yang aktif secara seksual.

Gejala yang biasanya timbul dari radang panggul adalah nyeri pada daerah panggul, nyeri pada perut bagian bawah, dan nyeri saat buang air kecil. Gejala lainnya saat seseorang menderita radang panggul yakni sakit saat berhubungan seksual dan jadwal menstruasi yang tidak teratur.

(Foto: flo.health)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok