YESDOK BERSAMA KOMINFO & KEMENKES MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI FLORES TIMUR, NTT

October 30, 2023 | Dea

Kominfo, kemenkes, literasidigital, baktikominfo, kesehatan, florestimur, larantuka, NTT, Indonesia, Pemerintah, yesdok

Bakti Kominfo yang berkolaborasi dengan Kemenkes menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan aplikasi digital kesehatan YesDok, bertujuan agar dapat berkontribusi langsung, sebagai agen yang membantu literasi digital kepada tenaga kesehatan yang dapat menjangkau seluruh daerah dan lapisan masyarakat.

Dikutip dari Channel Youtube CNN Indonesia, Bakti Kominfo melakukan terobosan sosialisasi dan pelatihan kesehatan melalui aplikasi digital kesehatan, YesDok. Kegiatan ini diselenggarakan di Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 25 Oktober 2023. 

 

 

Kolaborasi ini untuk membantu masyarakat di daerah tersebut, agar teredukasi dan diharapkan dapat meningkatkan kepedulian lebih dalam terhadap kesehatan masyarakat. Melalui layanan digital kesehatan YesDok, pemerintah dapat dengan mudah mengajak dan memantau kondisi kesehatan masyarakat setempat.

Menurut Fitra Aditya Anggara selaku koordinator program "Digital Kesehatan Bakti Kominfo" menyatakan bahwa sasaran kegiatan ini diharapkan dapat memajukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi agar dapat memberikan ekosistem digital. Pemerintah berusaha untuk memberikan stimulus agar telekomunikasi dapat memberikan dampak signifikan dari segala aspek, termasuk perkembangan informasi kesehatan bagi masyarakat.
 

 

Fitra juga menyebutkan untuk mendukung tujuan tersebut, pemerintah telah menyediakan 6 Base Transceiver Station (BTS) dan 168 akses internet bakti Kominfo yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Sedangkan untuk seluruh Indonesia, telah tersedia sekitar 6.025 BTS dan 14.445 akses akses internet.

Pelatihan yang diselenggarakan, berupa pelatihan dasar Telemedicine dan Teleconsul melalui aplikasi YesDok kepada tenaga kesehatan dan masyarakat setempat. Kehadiran YesDok bertujuan untuk dapat membantu masyarakat agar dapat menjangkau akses kesehatan, salah satunya mendeteksi gejala awal penyakit dan layanan terapi kondisi psikologis (psikis),  melalui komunikasi panggilan tatap muka (video call) dengan dokter yang selalu ada selama 24 jam penuh. 
 

 

Dijelaskan Apriliantika Pratama Dewi selaku Management Representative YesDok, "Akses melalui YesDok sangat mudah dilakukan, pertama adalah mengunduh aplikasi YesDok melalui Playstore dan appstore. Lalu anda dapat mengisi data diri terlebih dahulu, dan dapat langsung melakukan konsultasi tatap muka dengan dokter kapan saja dan dimana saja dengan waktu yang sangat fleksibel."
 

Dikutip dari Tribun Flores Bupati Flores Doris Alexander Rihi melalui Plt. Asisten III Sekretariat Daerah, Rufus Koda Teluma sangat mengapresiasi aplikasi YesDok. Ia menyatakan bahwa "Masyarakat tidak perlu antri lama-lama di RS, karena melalui Hp sudah mendapatkan pelayanan kesehatan tatap muka dengan dokter dan itu lebih praktis." 
 

 

Selain itu, Kemenkes juga berharap dengan hadirnya aplikasi digital layanan kesehatan ini dapat membantu khususnya masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan, agar dapat mendeteksi dini penyakit yang dialami masyarakat sehingga tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari tenaga medis secara tatap muka.
 

Menurut salah satu tenaga kesehatan yaitu Annie Asismu, menyatakan bahwa "aplikasi YesDok sangat membantu dan bermanfaat, kemudahan yang saya rasakan yaitu penginputan riwayat dan data kesehatan pasien menjadi lebih efisien dan menyenangkan. Kemudahan lainnya yaitu, masyarakat telah mendapatkan pelayanan kesehatan melalui YesDok terlebih dahulu secara tatap muka, sehingga keluhan sudah teratasi beberapa, hal itu memudahkan tenaga medis dalam melakukan tindakan selanjutnya kepada pasien.

 


 

Proses pembayaran layanan YesDok sangat mudah, setelah mengunduh dan mengisi data diri di aplikasi YesDok, pasien dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi Link Aja, sehingga proses konsultasi sangat efektif dan tepat waktu.
 

Jika anda ingin memulai konsultasi ataupun terapi, anda dapat mengunduh terlebih dahulu YesDok, sangat praktis tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel secara tatap muka dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh. 





 

REFERENSI



 

Literasi Digital untuk Peningkatan Layanan Kesehatan, cnnindonesia.com

https://flores.tribunnews.com/2023/10/25/flores-timur-satu-dari-lima-daerah-di-indonesia-belajar-aplikasi-kesehatan-online

YesDok Ads