Diet
+1

WAJIB PAHAMI RESIKO MENJADI VEGETARIAN BAGI PERTUMBUHAN TUBUH

September 19, 2023 | Dea

vegetarian, diet, sayur, buah, protein, karbohidarat, kalsium, serat

Sobat YesDok, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah vegetarian atau kondisi dimana seseorang memilih untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan seperti buah dan sayur.  Hal ini terjadi karena seseorang yang ingin menjaga postur tubuhnya agar selalu ideal dan stabil dalam mengatur kalori yang masuk dalam tubuh.

 

Namun hal ini benarkah tidak menimbulkan efek buruk bagi pemenuhan gizi tubuh? Karena sejatinya tubuh kita membutuhkan asupan gizi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, serat, lemak, air, kalsium dan vitamin.
 

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjadi vegetarian seutuhnya anda harus menyimak beberapa resikonya, sebagai berikut.


 

Gizi Tubuh

 

Memutuskan untuk tidak mengonsumsi daging dan protein hewani merupakan keputusan besar dalam hidup, karena akan memberikan efek yang signifikan bagi pertumbuhan dan sistem kerja tubuh anda. Diet vegetarian adalah upaya yang dapat membuat seseorang mengalami kesulitan dalam menyeimbang asupan nutrisi sehari-harinya.
 

Karena seorang vegetarian harus mengatur dan menyusun menu hariannya dengan mandiri agar tubuhnya mendapatkan gizi yang seimbang meskipun tanpa kehadiran daging. Sehingga jika melakukan perjalanan jauh yang membuatnya sulit mengatur asupan gizi yang diandalkan dari tumbuhan dapat membuat tubuh kekurangan banyak energi dan stamina.


 

Oleh karena itu, berikut ini merupakan sumber makanan yang dapat memenuhi nutrisi harian dan harus ada pada tubuh anda, antara lain:
 

  • Karbohidrat

Merupakan sumber energi utama yang umumnya berasal dari kentang, ubi, gandum, beras dan jagung. Karbohidrat diperlukan sekitar 60% bagi asupan kalori tubuh.

 

  • Protein

Manusia membutuhkan sekitar 10-15% protein dalam tubuhnya, protein sangat berperan penting bagi perkembangan hormon tubuh, protein juga membentuk otot tubuh, kulit, rambut dan organ. Protein terdiri dari protein nabati dan hewani.
 

  • Lemak

Lemak terdiri dari lemak jenuh dari daging dan lemak tidak jenuh dari tumbuhan. Lemak dibutuhkan sebagai sumber energi yang baik dan cadangan energi bagi tubuh.

 

  • Kalsium

Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang, sumber kalsium didapatkan dari keju, yogurt, almond, dsb.

 

Kandungan gizi lainnya yang mudah diperoleh

  • Vitamin
  • Air
  • Mineral
  • Serat



 

 

Resiko Menjadi Vegetarian


 

Berikut ini merupakan resiko menjadi vegetarian, antara lain:


 

  • Defisiensi vitamin 12 
     

Menyebabkan tubuh mudah mengalami anemia, lemas dan tidak energik, vitamin B12 didapatkan dari produk hewani.


 

  • Kekurangan zat besi
     

Menyebabkan imun tubuh mudah melemah dan mudah terinfeksi didapatkan dari mengosumsi daging-dagingan.


 

  • Kekurangan Zinc
     

Tubuh akan kehilangan nafsu makan dan retan terjadi kerontokan, regenerasi yang lambat, dan mudah terinfeksi.

 

  • Kekurangan kalsium

 

Hal ini dapat membuat tulang rentang rapuh dan tidak bertumbuh dengan baik, sehingga tubuh akan lebih kerdil dari pada yang mengonsumsi protein hewani.



 

Oleh karena itu, anda sebaiknya tetaplah mengonsumsi protein hewani demi menyeimbangi kebutuhan gizi tubuh. Untuk membentuk tubuh yang ideal dapat diimbangi dengan olahraga yang teratur bukan dari pengurangan nutrisi tubuh. Tubuh yang bergizi lebih baik dari pada berat badan kurus.



 

REFERENSI


 

https://www.news-medical.net/health/Can-a-vegetarian-diet-be-dangerous.aspx

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/vegetarian-diet/art-20046446

https://lifestyle.kompas.com/read/2012/02/04/13065387/jika.anda.vegetarian.waspadai.efek.samping.ini

https://telemed.ihc.id/artikel-detail-152-8-Kandungan-Gizi-Penting-untuk-Hidup-Sehat.html
 

YesDok Ads