Diet
+1

TIPS DIET PASCA MELAHIRKAN

February 28, 2024 | Dea

diet pasca melahirkan, cara diet sehat pasca melahirkan, diet sehat pasca melahirkan caesar, diet pasca melahirkan caesar, diet sehat pasca melahirkan, tips diet pasca melahirkan, yesdok

Sobat Yesdok,  setelah melahirkan, penting bagi ibu untuk memperhatikan nutrisi yang mereka makan. Diet pasca melahirkan membantu mereka kembali ke berat badan ideal dan membantu mereka pulih dari proses persalinan yang sulit.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Tips Diet Pasca Melahirkan

Berikut adalah lima tips diet pasca melahirkan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mendukung proses pemulihan, antara lain:
 

1. Perhatikan Asupan Nutrisi yang Seimbang

Tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk memperbaiki dan pulih setelah melahirkan. Memasukkan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian utuh, dan produk susu rendah lemak ke dalam diet.
 

2. Minumlah Banyak Air

Setelah melahirkan, penting untuk tetap terhidrasi, terutama jika anda sedang menyusui. Anda harus minum setidaknya delapan gelas air setiap hari untuk membantu memperbaiki jaringan yang rusak selama persalinan dan memproduksi ASI. 
 

3. Hindari Makanan Junk Food

Makanan cepat saji dan makanan olahan biasanya mengandung banyak kalori dan gula tambahan, lemak jenuh, dan garam. Pilih makanan segar dan alami yang penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan.
 

4. Batasi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Jika sedang menyusui, batasi konsumsi kafein dan alkohol atau hindari sama sekali karena dapat masuk ke dalam ASI bayi. Untuk tetap terhidrasi, pilih minuman sehat seperti air mineral, teh herbal, atau susu rendah lemak.
 

5. Jangan Tergesa-gesa untuk Menurunkan Berat Badan

Fokus utama saat menyusui adalah kesehatan dan kesejahteraan anda dan bayi bukan hanya penurunan berat badan. Menurunkan berat badan secara bertahap dan konsisten memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar daripada mengikuti diet ketat yang cepat. Beri tubuh anda waktu untuk sembuh dari persalinan sebelum mulai berkonsentrasi pada penurunan berat badan.

 

Setelah melahirkan dan mempercepat proses pemulihan dengan menjaga asupan nutrisi yang seimbang, banyak minum air, menghindari makanan berlemak dan kafein, dan tidak tergesa-gesa menurunkan berat badan. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/postpartum-diet

https://www.medicalnewstoday.com/articles/326548

https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000586.htm

 

YesDok Ads