Tidak Hanya Baik untuk Otot, Berenang juga Bisa Kurangi Stres

August 28, 2021 | Helmi

berenang

Berenang adalah cara yang efektif untuk membangun dan mengencangkan otot sambil meningkatkan daya tahan. Olahraga ini memadukan latihan kardiovaskular yang sering dengan latihan kekuatan simultan karena ketahanan air, menurut Philip Abundo, instruktur renang pribadi di Perth Amboy, New Jersey.

Berenang menargetkan otot yang sama dengan yang Anda latih di ruang angkat beban. Tetapi alih-alih membagi latihan Anda menjadi set terpisah untuk tubuh bagian atas, tubuh bagian bawah, inti, dan kardio, berenang memungkinkan Anda untuk secara bersamaan mendapatkan latihan seluruh tubuh dalam satu gerakan terus menerus.

Berikut ini adalah beberapa gaya renang yang ternyata tidak hanya bermanfaat untuk melatih otot dalam tubuh, tetapi juga untuk menurunkan berat badan dan mengurangi stres.

Gaya Kupu-kupu: Dada, punggung, inti, dan bahu

Gaya kupu-kupu berenang di dada dengan kedua lengan bergerak simetris. Lengan mulai terentang di atas kepala dan kemudian bergerak mundur dengan telapak tangan mendorong melalui air. 

Gerakan lengan melatih otot bahu yang dikenal sebagai deltoid anterior, dan otot dada yang dikenal sebagai pectoral.

"Lengan Anda harus tetap lurus sepanjang seluruh gerakan seluruh pukulan. Anda pada dasarnya melakukan setara dengan ekstensi trisep, dan Anda hanya melampaui, membawanya kembali ke belakang Anda, ke arah kaki Anda, dan kemudian membuat sempurna lingkaran dengan kedua lengan berakhir pada saat yang sama," kata Abundo.

Gaya punggung: Otot punggung dan paha

Gaya punggung mengharuskan Anda berenang dengan masing-masing lengan bergerak mundur satu per satu dalam gerakan mendayung. Gerakan ini melatih latissimus dorsi – otot yang terletak di bahu.

Gerakan lengan tersebut kemudian digabungkan dengan tendangan flutter, yaitu saat setiap kaki melakukan dorongan ringan satu per satu. Resistensi air bekerja pada paha belakang.

Gaya Bebas: Kardio, daya tahan, dan penurunan berat badan

Semua gaya renang adalah latihan kardio yang efektif, tetapi gaya bebas adalah tantangan kardio yang unik karena pola pernapasannya yang unik. 

Sebagai latihan kardio intensitas tinggi, renang dengan gaya bebas hadir dengan manfaat yang meliputi penurunan berat badan, peningkatan kesehatan, dan pengurangan stres.

"Ketika berbicara gaya bebas pada jarak jauh, Anda berenang dengan kecepatan tertentu dan pernapasan Anda harus mengikuti ritme tertentu," tambahnya.

YesDok Ads