THE GLORY ANGKAT ISU BALAS DENDAM, SIMAK BAHAYA MENYIMPAN DENDAM BAGI TUBUH

November 09, 2023 | Dea

dendam, film balas dendam, drakor balas dendam, the  glory, song hye kyo, bahaya dendam, dampak dendam bagi kesehatan, balas dendam terbaik, yesdok

Sobat Yesdok, sempat trending drakor tentang balas dendam di tahun 2022, diperankan oleh Song Hye-Kyo dalam drakor yang berjudul The Glory. Pasalnya drakor ini terinspirasi dari kisah nyata, terkait pembullyan yang terjadi pada siswi SMA. Dampak dari pembullyan tersebut hingga menyebabkan luka bakar yang membekas di sekujur tubuhnya hingga dewasa.


 

Meskipun balas dendam yang diceritakan dalam drakor tersebut hanyalah fiktif, namun kisah pembullyannya benar terjadi. Balas dendam tersebut menuai pro dan kontra di tengah-tengan masyarakat. Tetapi anda perlu tahu, kejahatan yang dibalas dengan kejahatan maka akan menghasilkan hal buruk juga, khususnya bagi tubuh dan mental seseorang. 


 

Oleh  karena itu, simak penjelasan terkait bahayanya menyimpan dendam bagi kesehatan tubuh, sebagai berikut.







 

Bahaya Menyimpan Dendam


 

Dendam merupakan salah satu bentuk amarah yang tersimpan di dalam ingatan dan emosional seseorang yang mengalami perlakuan semena-mena atau tersakiti oleh orang lain. Perasaan dendam ini mengarahkan penderitanya untuk membenci pelaku seumur hidupnya, serta berharap hal buruk menimpa pelaku bahkan kematian yang tragis. 

 

Selain harapan buruk tersebut, dendam juga dapat mendorong penderitanya untuk melakukan tindakan di luar batas, sehingga dapat membuatnya terlibat aksi kriminal untuk memuaskan hasrat dan egonya yang tersakiti. Aksi kriminal tersebut  berupa, jebakan yang membuat pelaku mengalami insiden kecelakaan yang membuat cacat hingga kematian. Selain itu, membuat pelaku merasakan penderitaan yang  sama sesuai perlakuan yang ia lakukan kepada penderita.

 

Dendam ini termasuk emosi yang dapat menular, karena ketika seseorang mengalami perlakuan tidak pantas, maka dirinya akan menampilkan sisi rapuhnya kepada orang lain. Kondisi terpuruk ini tentunya mengundang empati dari orang disekitarnya, termasuk keluarga dan teman dekat untuk turut merasakan amaran, kebencian dan dendam yang serupa. 

 

Rasa iba dari sekitarnya menjadikan penderita merasa lebih tersakiti dan prihatin dengan kondisi buruk pada tubuh dan psikisnya. Dendam semakin parah hingga menyebabkan perasaan bersalah terhadap diri sendiri, penyesalan, rasa iri, rasa sesak dan tidak puas jika melihat pelaku hidup dengan damai dan layak.






 

Dampak Bagi Tubuh & Psikis

 

Berikut ini dampak buruk menyimpan dendam bagi kesehatan, antara lain:


 

  • Mengisolasi diri dan menjadi pemurung
     
  • Penurunan kesehatan mental
     
  • Meningkatkan kecemasan atau anxiety
     
  • Meningkatkan stress dan depresi
     
  • Meningkatkan hipertensi
     
  • Imun tubuh melemah
     
  • Resiko serangan jantung
     
  • Penurunan self esteem
     
  • Membawa amarah dan efek buruk terhadap orang lain
     
  • Tidak dapat menikmati hidup
     
  • Gaya hidup tidak sehat
     
  • Peningkatan hormon kortisol
     
  • Memicu penuaan dini
     
  • Memicu penyakit lambung, sakit kepala dan punggung






 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada psikolog. Karena penyebab ini dapat membuatnya rentan mengidap gangguan mental di masa depan. 

 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.





 

REFERENSI



 

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/forgiveness/art-20047692

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/forgiveness-your-health-depends-on-it

https://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/688-bahaya-menyimpan-dendam-bagi-kesehatan

 

YesDok Ads