TELINGA SERING BERDENGUNG SAAT SEDANG SUNYI, TANDA PENYAKIT APA SIH?

November 13, 2023 | Dea

Penyebab telinga sering berdengung, tinnitus apa itu, penyakit telinga, infeksi telinga, bahaya earphone, bahaya suara keras, dampak headset, gangguan pendengaran, suara bising di telinga, yesdok

Sobat Yesdok, apakah anda pernah mengalami kondisi pendengaran anda berdengung dengan sendirinya, diperparah saat sedang berada dalam kondisi yang sepi dan sunyi. Tentunya kondisi ini dalam istilah medis disebut Tinnitus. Kondisi tersebut sangat mengganggu keseharian. Anda menjadi khawatir apakah tubuh anda mengidap penyakit tertentu? 


 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.





 

Mengenal Tinnitus


 

Tinnitus merupakan suatu kondisi saat telinga mendengar bunyi tertentu seperti dengungan atau suara lain secara tiba-tiba. Suara bising yang  terdengar bukan karena faktor eksternal, orang lain tidak dapat mendengarnya. Penyakit ini dialami sekitar 15% - 20% orang lanjut usia.
 

Suara tinnitus sangat bervariasi mulai dari gemuruh rendah hingga jeritan tinggi. Suaranya bisa sangat keras hingga mengganggu konsentrasi pengidapnya. Berikut ini merupakan penyebabnya, antara lain:

 

  • Mengalami infeksi telinga
     
  • Terdapat benda asing di telinga
     
  • Kotoran telinga yang menyumbat
     
  • Gangguan pendengaran
     
  • Penyakit meniere (gangguan telinga bagian dalam menyebabkan kehilangan pendengaran dan pusing)
     
  • Masalah saluran eustachius (saluran antara telinga tengah dan tenggorokan)
     
  • Efek samping obat-obatan seperti antibiotik
     
  • Gaya hidup tidak sehat (alkohol dan merokok)
     
  • Terlalu sering menggunakan earphone




 

Seorang yang mengidap tinnitus akan mengalami gejala seperti telinga berdengung, suara gemuruh, suara mengklik, suara desis,  dan suara bersenandung. Suara ini juga dapat berbunyi bersamaan dengan irama jantung. Penumpukan kotoran telinga dan terpapar suara yang sangat keras dalam waktu yang lama merupakan pemicu utamanya.
 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dokter THT. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.





 

REFERENSI


 

https://www.pennmedicine.org/for-patients-and-visitors/patient-information/conditions-treated-a-to-z/tinnitus

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tinnitus/symptoms-causes/syc-20350156

https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=56&contentid=2177

 

YesDok Ads