TANDA BUMIL WAJIB BATALIN PUASA, JANGAN DIPAKSAIN MOMS

April 05, 2024 | Dea

ciri ciri ibu hamil tidak boleh puasa, ibu hamil puasa, apakah ibu hamil wajib puasa ramadhan, apakah ibu hamil boleh berpuasa, bolehkah ibu hamil tidak puasa, muntah saat puasa pada ibu hamil, yesdok

Sobat Yesdok, umat Muslim di seluruh dunia menantikan puasa Ramadhan, waktu di mana mereka meningkatkan iman mereka dan mendekatkan diri kepada Allah. Namun, keselamatan dan kesehatan ibu dan janin harus menjadi prioritas nomor satu. Ibu hamil harus berhenti berpuasa jika mereka ingin menjaga kesehatan mereka dan bayi mereka. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Tanda Bumil Harus Membatalkan Puasa

Berikut adalah beberapa tanda-tanda penting yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil, antara lain:
 

1. Mual dan Muntah yang Parah

Salah satu tanda bahwa ibu hamil harus berpuasa adalah jika mereka mengalami mual dan muntah yang parah sehingga mereka tidak dapat mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup. Kesehatan ibu dan bayi dapat terancam jika mereka kehilangan cairan dan nutrisi penting.
 

2. Dehidrasi

Jika ibu hamil mengalami gejala dehidrasi seperti mulut kering, urin gelap, atau penurunan produksi urine, mereka harus berhenti makan dan lebih banyak minum air putih. Dehidrasi adalah masalah serius yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janinnya.
 

3. Penurunan Berat Badan yang Signifikan

Jika ibu hamil mengalami penurunan berat badan yang tidak wajar selama puasa, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh mereka tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Perubahan berat badan yang signifikan dapat mengindikasikan bahwa ibu hamil tidak boleh berpuasa.
 

4. Kelelahan Berlebihan

Ibu hamil berisiko lebih lelah saat berpuasa, terutama jika mereka tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Jika mereka merasa terlalu lelah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari mereka, maka mereka harus mempertimbangkan untuk membatalkan puasa.
 

5. Gejala Penyakit

Ibu hamil harus berhenti puasa dan mendapatkan perawatan yang tepat jika mereka mengalami gejala penyakit seperti demam, infeksi saluran pernapasan, atau penyakit lain yang memerlukan pengobatan.
 

6. Kehamilan dengan Risiko Tinggi

Untuk menjaga kesehatan mereka dan bayi mereka, ibu hamil yang memiliki kondisi medis yang meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, atau riwayat kehamilan sebelumnya dengan masalah kesehatan mungkin disarankan untuk tidak berpuasa.
 

7. Pengaruh Terhadap Kadar Gula Darah

Ibu hamil yang menderita diabetes gestasional atau memiliki riwayat gula darah yang tidak stabil mungkin disarankan untuk tidak berpuasa karena berpuasa dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang tidak terkendali yang berbahaya bagi mereka dan bayi mereka.

Jadi, kesehatan ibu hamil dan janin sangat penting. Sangat penting bagi mereka untuk berhenti berpuasa dan mendapatkan perawatan medis jika mereka mengalami tanda-tanda atau kondisi yang menunjukkan bahwa berpuasa dapat membahayakan kesehatan mereka.



 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://eve-ivf.com/en/2019/05/21/pregnant-women-should-break-their-fast-with-these-warning-signs/

https://www.babycentre.co.uk/a1028954/fasting-in-pregnancy

https://makuku.co.id/en/artikel/gaya-hidup/7-ciri-ciri-ibu-hamil-yang-tidak-boleh-puasa/

 

YesDok Ads