SUSAH BAB! KENALI 5 TANDA KALAU USUS KAMU KOTOR

September 25, 2023 | Dea

usus, pencernaan, kotor, bab, sembelit, baumulut, kulit, organ, perut

Sobat YesDok, anda pernah merasa bahwa terjadi sesuatu yang tidak biasa pada pencernaan anda. Sistem pencernaan tubuh sangat krusial dan harus diperhatikan, karena jika terjadi masalah pada usus akan berdampak pada kesehatan organ tubuh anda lainnya.


 

Oleh karena itu, anda harus menyimak tanda-tanda usus anda kotor, sebagai berikut.



 

5 Tanda Usus Kotor


 

Usus merupakan salah satu organ tubuh yang sangat berpengaruh dalam menyerap nutrisi pada tubuh. Karena sumber penyakit diawali dari masalah pada pencernaan, sehingga jika terjadi sumbatan ataupun masalah usus yang kotor akan sangat berbahaya bagi tubuh.
 

Apabila usus tidak dapat berproses dengan baik, akan menyebabkan racun tidak bisa dibuang dan  terperangkap di dalamnya sehingga akan diserap dan dialirkan keseluruh tubuh melalui darah. 



 

Berikut ini beberapa tanda-tanda jika usus anda kotor, antara lain:


 

1. Iritasi Pada Kulit


 

Kulit akan mengalami berbagai macam masalah seperti psoriasis, jerawat, dan eksim. Hal ini karena jumlah bakteri jahat sangat banyak sehingga melemahkan imun tubuh yang dapat berdampak munculnya masalah pada organ tubuh lainnya, khususnya kulit.



 

2. Sakit Perut Terus Menerus
 

Perut anda akan terasa sakit dan tidak nyaman dalam beberapa waktu yang terjadi secara berulang. Rasa tidaknya nyaman itu yaitu seperti adanya penumpukan gas, perut menjadi sembelit karena kesulitan untuk membuang limbah yang menumpuk pada usus.



 

3. Bau Tidak Sedap Pada Mulut
 

Hal ini terjadi karena limbah dalam usus atau sisa makanan yang sudah melalui proses pembusukan menumpuk dalam usus, sehingga akan membuatnya mengeluarkan gas keseluruh tubuh.



 

4. Penurunan Berat Badan Drastis
 

Penurunan berat badan terjadi karena tubuh kesulitan saat menyerap nutrisi, menyimpan lemak dan mengatur gula darah. 



 

5. Tubuh Mudah Kelelahan

 

Hal ini karena tubuh menyerap racun dan masuk ke dalam limfa dan dialirkan oleh darah keseluruh tubuh. Oleh karena itu, tubuh anda akan kehilangan daya tahan dan membuat anda mudah lelah bahkan mudah terserang infeksi.



 

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memperhatikan segala jenis makanan dan minuman yang anda konsumsi. Karena usus sebagai organ yang menyerap nutrisi untuk tubuh akan menjadi rusak yang dapat berakibat pada komplikasi bagi organ tubuh lainnya.


 

Anda sebaiknya mengonsumsi buah-buahan secara rutin dan mengonsumsi minuman probiotik untuk kesehatan usus anda. Agar jumlah bakteri baik lebih banyak dari pada bakteri jahat yang menyebabkan usus menjadi kotor. 





 

REFERENSI


 

https://www.frederickhealth.org/news/2021/july/10-signs-of-an-unhealthy-gut/

https://enesis.com/id/artikel/tanda-usus-kotor/

YesDok Ads