SULIT PRODUKTIF? SIMAK 5 CARA ATASI NGANTUK DI PAGI HARI YUK

November 21, 2023 | Dea

Kantuk, apa itu kantuk, penyebab ngantuk, faktor kantuk, cara mengatasi ngantuk, ngantuk di pagi hari, olahraga mengatasi kantuk, cara atasi ngantuk, cahaya matahari, tidur, irama sirkadian, air putih, yesdok

Sobat Yesdok, anda pasti pernah mengalami rasa ngantuk padahal masih pagi hari, bahkan anda jadi merasa tidak semangat dan selalu lemas karena rasa kantuk tersebut. Tentunya hal ini dapat berdampak buruk bagi efektivitas waktu dan keseharian anda. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar dapat menghilangkan rasa kantuk tersebut.
 

Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

5 Cara Atasi Kantuk

Kantuk adalah keadaan di mana seseorang merasakan keinginan atau dorongan kuat untuk tidur. Ini adalah respons alami tubuh terhadap berbagai faktor, dan dapat dianggap sebagai sinyal bahwa tubuh membutuhkan istirahat atau tidur untuk memulihkan energi dan menjaga keseimbangan fisiologis.
 

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kantuk:
 

  • Makanan berat atau makanan dengan kandungan gula tinggi dapat menyebabkan peningkatan produksi insulin, yang dapat menyebabkan rasa kantuk.
     
  • konsumsi berlebihan atau konsumsi kafein terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan kantuk di siang hari.
     
  • Beberapa kondisi kesehatan, seperti anemia, sleep apnea, atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan kelelahan dan kantuk berlebihan.
     
  • Stres dan kecemasan juga dapat memengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan rasa kantuk.
     
  • Kondisi lingkungan, seperti suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin, dapat memengaruhi kenyamanan dan kualitas tidur.
     
  • Aktivitas mental yang intens, seperti belajar atau bekerja secara berkepanjangan, dapat menyebabkan kelelahan mental dan menginduksi rasa kantuk.
     

Berikut ini beberapa cara atasi rasa kantuk di pagi hari, antara lain:
 

Mengatasi rasa ngantuk di pagi hari dapat membantu Anda memulai hari dengan lebih energik dan fokus. Berikut adalah beberapa cara yang mungkin membantu:
 

  • Tidur Cukup: pastikan anda tidur dengan waktu 7-9 jam per hari, karena tubuh memerlukan durasi tidur yang sesuai untuk dapat memulihkan energi tubuh dan proses regenerasi sel tubuh yang rusak.
     
  • Bangun pada Waktu yang Sama Setiap Hari: tubuh memiliki irama sirkadian yang mengatur kebiasaan dan jadwal waktu tubuh. Sehingga jika seseorang menetapkan kebiasaan secara konsisten, maka tubuh akan mengirim sinyal yang menjadi alarm untuk mengingatkan.
     
  • Terpapar Cahaya Matahari Pagi: cahaya matahari pagi dapat membantu mengatur ritme sirkadian Anda dan memberikan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya bangun. Cobalah untuk menghabiskan waktu di luar ruangan pada pagi hari atau duduk dekat jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk.
     
  • Minum Air Putih: mengonsumsi air putih dapat menyegarkan otak dan tubuh, selain itu membantu proses metabolisme tubuh menjadi lancar. Dengan mengonsumsi air putih yang sesuai akan menghilangkan rasa kantuk karena kebutuhan cairan tubuh telah terpenuhi.
     
  • Olahraga Ringan di Pagi Hari: melakukan olahraga ringan di pagi hari dapat meningkatkan aliran darah dan memberikan dorongan energi. Hal ini sangat baik untuk menghilangkan kantuk, karena tubuh menjadi lebih berstamina.

     

Hal yang perlu anda perhatikan selanjutnya yaitu hindari konsumsi kafein terlalu dekat dengan waktu tidur malam, hindari makan malam berat, dan pertimbangkan untuk membangun rutinitas santai sebelum tidur, seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan.
 

Jika rasa ngantuk di pagi hari terus berlanjut atau disertai dengan masalah tidur lainnya, mungkin penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk penilaian lebih lanjut. Ada kemungkinan bahwa ada masalah tidur atau kondisi medis lain yang mempengaruhi kualitas tidur Anda. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI


 

https://www.salemhealth.org/services/sleep/how-to-stay-awake-naturally

https://www.healthline.com/health/morning-fatigue-remedies#10.-Address-your-stress

 

YesDok Ads