SIMAK JENIS-JENIS TOXIC PARENTS, BERDAMPAK BURUK BAGI PSIKIS ANAK!

November 15, 2023 | Dea

Jenis-jenis toxic parent, tipe orang tua, orang tua beracun, orang tua tidak bijaksana, orang tua egois, orang tua kasar, ciri orang tua toxic, psikologis, trauma inner child, yesdok

Sobat Yesdok, sebagai orang tua anda pasti sangat setuju peran tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jika bertindak dan bersikap tidak tepat, pola asuh sangat berperan besar bagi pembentukan karakter anak di masa depan. Namun jika orang tua menunjukkan sikap dan kepribadian yang buruk akan berdampak pada psikis anak.
 

Oleh karena itu, sebaiknya hindari kepribadian toxic parents berikut agar menjadi orang tua yang bijaksana, sebagai berikut.


 

Mengenal Toxic Parents
 

Meskipun orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, tetapi banyak indikator yang dapat membuatnya rentan menghancurkan mental anak. Tanpa sadar sifat-sifat ini sedari lama sudah ada pada orang tua dan memberikan dampak buruk yang signifikan bagi perkembangan dan pertumbuhan anaknya. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya hindari sikap-sikap toxic berikut ini, agar terciptanya hubungan yang harmonis dan saling percaya antara anak dan orang tua.
 

Dalam tumbuh dan kembangnya anak sangat membutuhkan perhatian, kasih dan sayang terhadap orang tuanya. Hal fundamental ini yang sangat berperan dalam pengembangan karakter dan koneksinya dengan keluarga.Berdasarkan penjelasan yang dikutip dari Cleveland Clinic, Dr. Childs menyatakan bahwa jenis orang tua yang beracun yaitu orang tua yang mengutamakan kebutuhannya sendiri di atas anaknya. Mereka bahkan lebih egois dibandingkan orang lain.

 

Berikut ini merupakan beberapa jenis toxic parents yang tanpa sadar ada pada diri beberapa orang tua, antara lain:
 

  • Orang Tua yang Tidak Suportif
     

Orang tua yang terus menerus mengkritik negatif anaknya tanpa mengarahkannya  ataupun mendengar pendapat anaknya merupakan salah satu jenis orang tua toxic. Hal ini akan menimbulkan rasa tidak aman dan perasaan tidak berharga terhadap anaknya.

 

  • Orang Tua Temperamental dan Kasar
     

Orang tua tipe ini akan memberikan dampak yang buruk bagi perkembangan mental anaknya. Orang tua jenis ini lebih mengutamakan kekerasan dibandingkan penjelasan. Kekerasan berupa verbal emosional dan fisik. Hal ini akan membuat anak bermasalah dengan kepercayaan dan rentan memiliki harga diri yang rendah.

 

  • Orang Tua Perfeksionis
     

Orang tua tipe ini cenderung angkuh dan sangat selektif, sehingga dirinya tidak akan menerima kesalahan apapun yang terjadi pada anaknya. Dirinya selalu menuntut kesempurnaan mulai dari perihal akademis hingga keahlian lainnya. Hal ini cenderung membuat anak mengalami tekanan mental.

 

  • Orang Tua yang Lalai
     

Orang tua tipe ini cenderung tidak peduli dan mengabaikan tumbuh kembang anaknya. Dirinya bahkan tidak mengenal karakter anaknya, karena sibuk dengan dunianya sendiri. Akhirnya anak dan orang tua kehilangan ikatan satu sama lain. Hal ini termasuk dalam penelantaran anak.




 

REFERENSI


 

https://health.clevelandclinic.org/toxic-parenting-traits/

https://childhub.org/en/child-protection-news/9-types-toxic-parents-are-harmful-kids-mental-health

https://psych2go.net/5-types-of-toxic-parents/

 

YesDok Ads