SIMAK 8 PENYEBAB VARIKOKEL (VARISES TESTIS) YUK!

December 20, 2023 | Dea

varicocel, penyakit varicocele, apa itu penyakit varikokel, bentuk varikokel, penyebab varikokel pada pria, ciri ciri orang terkena varikokel, contoh varikokel, tanda tanda varikokel, ciri ciri varikokel parah, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa salah satu kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi pria adalah varikokel, juga dikenal sebagai varises, yang terletak pada pembuluh darah di sekitar testis. Meskipun dalam beberapa kasus, gejala mungkin tidak muncul, ada beberapa tanda yang harus diperhatikan. Berdasarkan informasi dari sumber-sumber terpercaya seperti Mayo Clinic, Urology Care Foundation, Cleveland Clinic, dan National Center for Biotechnology Information (NCBI), artikel ini akan membahas delapan gejala varikokel.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

8 Penyebab Varikokel 

Berikut ini beberapa penyebab terkait varikokel atau varises pada pembuluh darah di sekitar testis, antara lain: 
 

1. Kelainan Bawaan

Mayo Clinic mengatakan bahwa salah satu penyebab varikokel adalah kelainan bawaan pada katup vena di sekitar testis, yang dapat menyebabkan pembuluh darah membesar karena penumpukan darah.
 

2. Tekanan Darah yang Tinggi dalam Vena Testis

Peningkatan tekanan darah dalam vena yang membawa darah dari testis dapat menyebabkan varicose.
 

3. Posisi atau Letak Tubuh yang Memperparah

Beberapa sumber mengatakan bahwa posisi atau posisi tubuh tertentu, seperti duduk terlalu lama atau berdiri terlalu sering, dapat menyebabkan varikokel karena tekanan pada vena di sekitar testis yang lebih besar.
 

4. Obstruksi Aliran Darah Normal

NCBI mencatat bahwa varikokel dapat disebabkan oleh obstruksi aliran darah normal menuju atau dari testis. Obstruksi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti cedera atau trauma.
 

5. Peningkatan Hormon Seks Pria (Testosteron)

Perubahan hormonal, terutama peningkatan hormon seks pria (testosteron), dapat memengaruhi perkembangan varikokel. Ini dapat memengaruhi fungsi katup dalam pembuluh darah di sekitar testis.
 

6. Komplikasi Akibat Perubahan Hormon selama Pubertas

Menurut Urology Care Foundation, perubahan hormonal yang terjadi selama masa pubertas dapat menyebabkan perkembangan varikokel dan pembesaran pembuluh darah di sekitar testis.
 

7. Peningkatan Tekanan Intra-Abdomen

Klinik Cleveland menyoroti bahwa varikokel dapat disebabkan oleh peningkatan tekanan intra-abdomen, seperti yang terjadi selama pengangkatan beban berat atau konstipasi kronis.
 

8. Tekanan Darah Portal yang Tinggi

Tekanan darah portal yang tinggi, terutama pada orang yang menderita sirosis hati, dapat menyebabkan varikokel, yang berdampak pada aliran darah normal di sekitar testis, menurut NCBI.
 

Berbagai faktor, seperti kelainan bawaan, tekanan darah tinggi, dan perubahan hormonal, dapat menyebabkan varikokel. Langkah penting untuk mencegah dan menangani varikokel adalah memahami penyebabnya. 

Jika anda atau seseorang yang anda kenal mengalami gejala varikokel, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan rencana perawatan yang sesuai. Pemantauan kesehatan reproduksi sangat penting untuk menjaga kesuburan pria dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.
 


 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/varicocele/symptoms-causes/syc-20378771

https://www.urologyhealth.org/urology-a-z/v/varicoceles

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15239-varicocele

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK448113/

 

YesDok Ads