SIMAK 8 KEBIASAAN PEMICU AMBEIEN, SALAH SATUNYA SERING DUDUK LAMA

November 23, 2023 | Dea

ambeien, obat ambeien, cara mengatasi ambeien, ciri ciri ambeien, contoh ambeien ringan, penyebab ambeien, cara mengobati ambeien, gejala ambeien, ambeien adalah, bentuk ambeien, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda jika terlalu sering duduk dalam waktu berjam-jam khususnya saat bekerja di kantor tanpa melakukan gerakan di sela waktu bekerja dapat memicu munculnya penyakit ambeien. Hal ini tentunya dapat membuat anda kesulitan melakukan berbagai aktivitas kedepannya. 

Sehingga, untuk menghindari kemungkinan tersebut, sebaiknya anda menyimak beberapa penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Kebiasaan Pemicu Ambeien

Ambeien atau yang dikenal dengan wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus dan rektum yang membuat seseorang kesulitan BAB dan duduk. Kondisi ini sering dialami oleh pekerja kantoran atau aktivitas monoton yang kurang melibatkan pergerakan tubuh. 

Saat mengidap ambeien seseorang akan merasakan nyeri di sekitar anus terutama saat duduk atau mengejan. Menggosok atau menyeka area tersebut akan membuatnya semakin sakit dan bengkak. Timbulnya rasa gatal di sekitar anus selain itu munculnya pendarahan setiap kali buang air besar. 

 

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat berkontribusi terhadap risiko atau memperburuk ambeien:
 

  • Konstipasi

Sembelit atau konstipasi dapat memicu terjadinya ambeien, hal ini terjadi karena kurang serat, dehidrasi dan kurangnya aktivitas fisik, sehingga menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di daerah rektum hingga munculnya ambeien.
 

  • Diare

Diare yang berkepanjangan atau kronis juga dapat meningkatkan risiko ambeien, karena dapat menyebabkan tekanan tambahan pada dinding anus dan rektum.
 

  • Peregangan Berlebihan Saat Buang Air Besar

Kebiasaan mengejan terlalu keras, dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di daerah anus.
 

  • Pola Duduk yang Lama

Duduk terlalu lama seperti duduk di toilet dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus yang memicu terjadinya ambeien.
 

  • Berat Badan Berlebih

Obesitas dapat memicu tekanan pada daerah panggul yang dapat berdampak pada timbulnya ambeien.
 

  • Kehamilan dan Persalinan

Kondisi kehamilan dan proses persalinan dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, meningkatkan risiko ambeien.
 

  • Kurang Olahraga

Gaya hidup yang kurang aktif dan kurangnya olahraga dapat meningkatkan risiko ambeien.
 

  • Diet Rendah Serat

Konsumsi makanan yang rendah serat dapat menyebabkan pembuangan tinja yang sulit, meningkatkan risiko ambeien.


 

Mencegah ambeien yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, termasuk diet tinggi serat, minum air yang cukup, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Jika Anda mengalami gejala ambeien, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi dan penanganan yang tepat. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.templehealth.org/about/blog/everything-you-need-to-know-about-hemorrhoids

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268

https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/hemorrhoids_and_what_to_do_about_them

 

YesDok Ads