SIMAK 8 GEJALA VARIKOKEL (VARISES TESTIS) YUK!

December 20, 2023 | Dea

varicocel, penyakit varicocele, apa itu penyakit varikokel, bentuk varikokel, penyebab varikokel pada pria, ciri ciri orang terkena varikokel, contoh varikokel, tanda tanda varikokel, ciri ciri varikokel parah, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa salah satu kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi pria adalah varikokel, juga dikenal sebagai varises, yang terletak pada pembuluh darah di sekitar testis. Meskipun dalam beberapa kasus, gejala mungkin tidak muncul, ada beberapa tanda yang harus diperhatikan. Berdasarkan informasi dari sumber-sumber terpercaya seperti Mayo Clinic, Urology Care Foundation, Cleveland Clinic, dan National Center for Biotechnology Information (NCBI), artikel ini akan membahas delapan gejala varikokel.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Gejala Varikokel 

Berikut ini beberapa gejala terkait varikokel atau varises pada pembuluh darah di sekitar testis, antara lain: 
 

1. Nyeri atau Ketidaknyamanan

Salah satu gejala varikokel, menurut Mayo Clinic, adalah nyeri atau ketidaknyamanan di sekitar testis. Rasa sakit ini dapat ringan hingga parah, dan dapat meningkat saat bergerak atau setelah berolahraga.
 

2. Pembengkakan atau Bengkak di Sekitar Testis

Pembengkakan atau bengkak pada skrotum (kantung kulit yang menggantung di bawah penis) adalah gejala varikokel, yang dapat dirasakan atau dilihat, terutama saat berdiri.
 

3. Perasaan Berat atau Terasa Seperti Ada Sesuatu yang Menggantung

Menurut Urology Care Foundation, beberapa pria dengan varikokel mungkin mengalami sensasi berat atau seperti ada sesuatu yang menggantung di dalam skrotum mereka.
 

4. Peningkatan Suhu Testis

Dalam beberapa kasus, varikokel dapat menyebabkan peningkatan suhu di sekitar testis, yang dapat memengaruhi produksi sperma. Ini dapat menjadi faktor risiko infertilitas.
 

5. Penurunan Produksi Sperma atau Kualitas Sperma yang Buruk

Varikokel dapat mempengaruhi kualitas sperma atau produksi sperma. Pria dengan varikokel mungkin mengalami kesulitan untuk hamil dengan pasangan mereka.
 

6. Perbedaan Ukuran Testis

Seringkali, varikokel hanya terjadi pada satu sisi testis. Jika terjadi, varikokel dapat dilihat atau dirasakan perbedaan ukuran antara testis yang terkena dan yang tidak terkena.
 

7. Nyeri atau Pemendekan pada Suatu Vena Testis

NCBI melaporkan bahwa varikokel dapat menyebabkan vena di sekitar testis membesar, nyeri, atau bahkan memendekan.
 

8. Muncul Varises pada Skrotum

Varikokel dapat menyebabkan pembuluh darah yang membesar atau varises yang terlihat di permukaan skrotum, seperti urat-urat yang melengkung.


 

Jika anda atau seseorang yang anda kenal mengalami gejala varikokel, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan rencana perawatan yang sesuai. Pemantauan kesehatan reproduksi sangat penting untuk menjaga kesuburan pria dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/varicocele/symptoms-causes/syc-20378771

https://www.urologyhealth.org/urology-a-z/v/varicoceles

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15239-varicocele

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK448113/

 

YesDok Ads